Inilah 12 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba


Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya, termasuk rempah-rempah, Indonesia juga memiliki kuliner yang beragam dengan cita rasa yang tidak akan mengecewakan. Selain Sumatera dengan Rendangnya yang sudah mendunia, Kalimantan juga memiliki makanan khas yang bisa ditemukan di seluruh wilayah Kalimantan.

Mungkin bagi sebagian orang di luar pulau Kalimantan, jarang mengetahui ternyata ada banyak santapan nusantara dari Kalimantan yang dapat menggugah selera. 12 makanan khas Kalimantan ini wajib Anda cicipi karena susah ditemukan di daerah lain dan memiliki cita rasa yang enak.

  1. Chai kue


Camilan dari Kalimantan satu ini merupakan makanan yang banyak terpengaruh budaya dari Tiongkok, yaitu Chai Kue. Camilan ini memiliki rasa yang gurih dengan isian ebi dan lobak.

Chai Kue juga enak dinimkati dengan sambalnya yang pedas asam.


  1. Ketupat kandangan


Kalimantan Selatan memiliki makanan khas dari Kandangan yang memiliki cita rasa yang otentik, yaitu ketupat kandangan. Ketupat ini biasanya akan disajikan bersama dengan daging, ayam dan juga ikan gabus.

Ikan gabus akan dipanggang terlebih dahulu sebelum diolah dengan kuah santan yang penuh bumbu.



  1. Bubur pedas


Meskipun namanya bubur pedas, tapi ternyata rasa dari bubur ini tidak pedas sama sekali. Bubur pedas ini memiliki banyak sayuran di dalamnya, yang mirip seperti bubur manado.

Kuliner yang biasa dijadikan santapan sarapan ini berasal dari Kalimantan Barat, yang nikmat jika ditambahkan jeruk nipis dan teri.


  1. Manday


Kalimantan juga punya makanan khas yang terbuat dari cempedak, namun Manday menggunakan kulit dari buah cempedak untuk diolah. Manday dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari dan digoreng untuk selanjutnya dikonsumsi.

  1. Pengkang


Kue unik yang terbuat dari ketan dengan isian ebi ini hanya dapat ditemukan di Kalimantan Barat saja. Pekang ini mirip seperti lemper dengan bentuk segitiga.


  1. Kalumpe


Kalumpe merupakan makanan yang terbuat dari sayur singkong dan dimasak menggunakan santan, yang berasal dari Kalimantan. Daun singkong ini ditumbuk terlebih dahulu sebelum dimasak menggunakan santan dan rempah-rempah.

  1. Soto banjar


Soto banjar memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan soto biasanya. Soto ini dimasak dengan kayu manis dan memiliki kuah yang bening serta kaya akan rasa rempahnya.


  1. Bingka barandam


Kue manis khas Kalimantan asal Banjar ini terbuat dari telur, gula dan kayu manis. Anda dapat merasakan legitnya bingka barandam ini saat memakannya.

  1. Mie sagu


Di Kalimantan juga terdapat makanan khas yang terbuat dari sagu yaitu mie sagu. Masakan ini diolah dengan cara digoreng atau dimasak menggunakan kuah.


  1. Nasi bekepor


Nasi bekepor adalah sajian yang disukai oleh Raja-raja Kalimantan. Nasi ini mirip dengan nasi liwet yang penuh dengan rasa santan.

Nasi ini dinikmati bersama dengan daging masak bumi hangus yang tidak kalah enaknya.

  1. Sate payau


Sate payau merupakan makanan warga Kutai Katanegara, Kalimantan Timur yang terbuat dari olahan daging rusa dan dibumbui dengan kecap dan kacang. 


  1. Iwak pakasam


Santanpan asal Kalimantan ini dibuat dari ikan sungai yang difermentasi, yang dimasak dalam keadaan segar. Ikan akan diawetkan menggunakan garam dan beras ketan dan digoreng kering.


Penutup

Nah, itulah 12 makanan khas nusantara yang berasal dari Pulau Kalimantan yang memiliki cita rasa yang enak dan sulit ditemukan di daerah lain. Dari 12 deretan di atas, mana yang ingin Anda coba?


Comments