6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Unik dan Indah

6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Unik dan Indah, Cek di Sini!

Sumber: Solopos

Sejak dahulu Indonesia memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona, sumber daya alam dan landscape sejarahnya yang agung. Oleh karena itu, berlibur atau berwisata mengeksplor negeri sendiri merupakan hal yang terbaik.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Jawa Timur. Nah, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang 6 tempat wisata di Jawa Timur yang unik sebagai berikut ini:

Pulau Bawean

Sumber: IDN Times

Tempat wisata unik yang pertama adalah Pulau Bawean. Pulau yang berada di daerah Gresik, Jawa Timur ini terdapat berbagai jenis hiburan yang menyenangkan. Jika anda ingin menikmati hamparan karang dengan bentuk indah, anda bisa berkunjung ke Tanjung Gaang. Jika kalian ingin merasakan serunya berenang di dalam danau, anda bisa berkunjung ke danau Kastoba dan berenang disana. 

Selain itu, anda juga bisa menemukan rusa unik yang hanya bisa anda temukan disana. Bukan hanya itu, terdapat juga ikan-ikan yang sangat beragam. 

Blue Bay (Teluk Biru)

Sumber: IHateGreenJello

Blue Bay atau Teluk Biru yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur ini dikenal memiliki pemandangan dalam lautnya yang sangat indah. Untuk mencapai tempat wisata yang juga dikenal dengan sebutan nama Selangrong ini membutuhkan perjuangan yang cukup keras. Dalam hal ini, ada dua jalur yang bisa anda tempuh untuk menuju ke tempat ini. Jalur pertama, anda bisa melakukan trekking sepanjang 1 jam dari pantai Rajegwesi. Jalur yang kedua, adalah menyewa kapal untuk melintasi lautan dan selama 15 menit. 

Pulai Gili Iyang

Sumber: Celebrities.id

Pulau yang berada di Madura ini dianggap sebagai salah satu tempat tersehat di dunia lantaran tingginya kadar oksigen. Sehingga tidak heran kalau masyarakat disana mampu hidup hingga mencapai usia ratusan tahun. 

Meskipun tidak memiliki gunung dan perbukitan, namun udara disana sangat segar sehingga cocok digunakan untuk berwisata terutama bagi anda bosan dengan udara perkotaan yang sudah tercemar polusi. 

Selain itu, di tempat ini juga terdapat dua gua menarik untuk dikunjungi, yakni Gua Air dan Gua Syafirah. 

Waduk Kedungbrubus

Sumber: IHateGreenJello

Waduk Kedungbrubus ini merupakan sebuah waduk irigasi yang berlokasi di Dusun Jedungbrubus, Desa Bulu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Waduk Kedunbrubus ini pertamakali diresmikan pada bulan Juni 2008 dan berbatasam langsung dengan kabupaten Bojonegoro. Sebenarnya fungsi dari waduk ini sebagai fasilitas irigasi. Namun di area sekitar waduk ini masyarakat banyak mendirikan berbagai macam fasilitas wisata, sehingga tempat ini menjadi banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Sumber: Manusia Lembah

Pantai Pasir Putih Situbondo ini merupakan salah satu tempat wisata pavorit di Jawa Timur. Sehingga tidak aneh kalau banyak para wisatawan yang mengunjungi tempat ini baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Di pantai ini anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang mempesona berupa hamparan pasir putih dan bersih yang pastinya akan membuat anda merasa nyaman berlama-lama di pantai ini. Pantai ini berlokasi di Situbondo, lama waktu untuk menuju tempat ini kira-kira akan memakan waktu hingga 4 jam jika berangkat dari Kota Surabaya.  

Pulau Sempu

Sumber: IDN Times

Pulau Sempu ini memiliki pesona keindahan alamnya yang sangat mempesona. Disini anda bisa menjelajahi Pulau Sempu dengan menggunakan perahu nelayan untuk menyeberang dari Pantai Sendang Biru. Pulau Sempu ini berada 30 KM di sebelah selatan Kota Malang. Air ombak di pulau ini tidak terlalu besar dikarenakan adanya sebuah pulau di dekat Pantai Sendang, yakni Pulau Sempu.


Comments