17 Makanan Khas Nusantara dari Berbagai Provinsi yang Ada di Indonesia

Selain keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia yang dikarunia oleh tanah yang subur dengan rempah-rempahnya yang menjadikan beragam makanan nusantara memiliki ciri khas tiap daerah. 

Berikut beberapa makanan khas nusantara dari 17 provinsi yang ada di Indonesia dengan cita rasanya yang tidak perlu ditanyakan lagi!

  1. Karee Kameng dari Aceh


Makanan khas nusantara Karee Kameng ini menjadi sajian favorit warga Aceh. Karee Kameng merupakan kari kambing yang hampir ada di setiap kedai nasi.

  1. Bika Ambon dari Sumatera Utara

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\bika-ambon-1011219_1920.jpg


Makanan khas dari Sumatera Utara ini sangat populer dan selalu menjadi oleh-oleh yang banyak dicari. Terkadang bika ambon ini juga dijual dengan rasa keju dan durian.


  1. Otak-otak dari Kepulauan Riau

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\esperanza-doronila-D3R3cd1bH3o-unsplash.jpg


Otak-otak dari Kepulauan Riau terbuat dari cumi dan ikan yang pedas. Dibungkus menggunakan daun hijau dan kemudian dibakar dengan bara api.

  1. Gulai Belacan dari Riau


Gulai ini dimasak dengan kuah campuran belacan atau terasi, yang biasanya menggunakan bahan ikan atau udang.


  1. Gulai Ikan Patin dari Jambi


Masakan populer asal Jambi ini dimasak dengan tempoyak atau daging buah durian yang difermentasi. Tapi kebanyakan orang mengganti tempoyak dengan santan untuk menghindari bau yang cukup menyengat dari tempoyak.

  1. Rendang dari Sumatera Barat

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\asian-food-608973_1920.jpg


Rendang ini merupakan makanan khas nusantara yang mendunia, berasal dari kota padang. Makanan ini memiliki ciri rasa yang kuat karena cara mengolahnya yang menggunakan banyak rempah.


  1. Pempek dari Sumatera Selatan


Makanan khas nusantara dari Sumatera Selatan ini terbuat dari sagu dan ikan. Pempek disajikan menggunakan kuah cokelat yang disebut cuko yang terbuat dari air, gula merah, cabe rawit, garam, bawang putih dan udang rebi.

  1. Pendap dari Bengkulu


Makanan khas nusantara satu ini bercitarasa pedas yang dibuat dari bahan ikan dan dicampur dengan cabai giling, kencur, kelapada muda dan bawang putih.


  1. Seruit dari Lampung


Masakan yang terbuat dari ikan yang digoreng/dibakar dan dicampur sambal terasi, tempoyak atau mangga yang berasal dari provinsi Lampung.


  1. Kerak Telor dari Jakarta


Makanan khas Jakarta ini terbuat dari bahan beras ketan putih, ebi, telur ayam yang disangrai kering dan ditambah bawang merah, kelapa sangrai, kencur, jahe, cabai merah, gula, garam dan merica.


  1. Tempe Mendoan dari Jawa Tengah


Makanan khas berasal dari Banyumas yang terbuat dari tempe dengan ukuran yang lebar. Tempe ini dilumuri dengan tepung yang sudah dibumbui dan digoreng hingga garing.


  1. Serabi dari Jawa Barat


Makanan khas nusantara dari Jawa Barat ini terbuat dari tepung beras dan menggunakan kuah cair manis. Biasanya disantap bersama dengan saus manis yang terbuat dari gula merah.

  1. Rujak Cingur dari Jawa Timur


Asal daerah makanan khas nusantara ini adalah Surabaya, yang menyajikan olahan mulut sapi dengan sayuran dan diberi bumbu kacang.


  1. Nasi Gudeg dari D.I. Yogyakarta


Makanan ini terbuat dari nangka mudayang dimasak dengan santan. Gudeg ini dimakan dengan nasi dan disajikan menggunakan kuah santan yang kental, telur, ayam kampung, tahu dan sambal goreng.

  1. Ayam Betutu dari Bali


Ayam betutu adalah lauk yang dibuat dari ayam utuh dengan isi bumbu yang kemudian dipanggang dalam api sekam.


  1. Ikan Asar dari Maluku

Makanan khas dari Maluku merupakan olahan dari ikan tongkol atau cakalang yang dipanggang menggunakan asap. Karena prosesnya maka makanan ini sering disebut sebagai ikan asap.

  1. Kue Sagu dari Papua Tengah


Kue sagu berbahan dasar tepung sagu yang diolah menjadi agak keras saat digigit, tapi lunak ketika sudah di dalam mulut.


Penutup

Nah, itu dia 17 makanan khas nusantara yang berasal dari 17 provinsi yang ada di Indonesia. Dengan cita rasanya yang nikmat dan rempah-rempahnya yang kuat, dijamin bikin ngiler.


Baca juga: 5 Makanan Khas ParePare

Comments