10 Rekomendasi Makanan Western yang Wajib Anda Coba


Istilah makanan western digunakan untuk menyebut jenis makanan yang berasal dari Eropa atau negara-negara barat lainnya. Makanan western biasanya menggunakan bahan utama gandung dan daging dan tidak menggunakan banyak rempah.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak restoran yang menyajikan makanan western yang rasanya tidak jauh beda dengan aslinya. Penasaran apa saja yang termasuk 10 hidangan bergaya western? Yuk simak penjelasan di bawah berkut.


  1. Bangers and Mash


Bangers and Masa merupakan kuliner western yang berasal dari negara Inggris atau Irlandia. Makanan ini merupakan sajian sosial dengan kentang tumbuk dan tambahan seperti bawang goreng, kacang polong dan saus bawang.

Bangers and Mash ini bahkan pernah dinobatkan menjadi salah satu santapan rumahan yang sangat populer di Inggris.


  1. Lasagna

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\karolina-kolodziejczak-OSMAK8b74ls-unsplash.jpg


Makanan populer asal Italia ini bisa ditemukan diberbagai restoran di dunia, termasuk Indonesia. Lasagna terbuat dari pasta yang tipis dan pipih yang kemudian diolah menggunakan campuran daging giling, keju dan saus tomat.


  1. Beef Wellington

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\loija-nguyen-Lf2dvyS-d2E-unsplash.jpg


Hidangan berupa steik ini berasal dari negara Inggris, yang terbuat dari fillet stek dan dilapisi oleh pâté dan duxelles. Steik ini dimasak dengan cara dipanggang dengan dibungkus oleh puff pastry.

Daging yang digunakan untuk membuat hidangan ini yaitu tenderloim yang diiris-iris.


  1. Ratatouille

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\amirali-mirhashemian-R02KgL5Ti3Y-unsplash.jpg


Makanan yang terdiri dari berbagai macam dedaunan dan sayuran ini merupakan makanan western yang berasa; dari Prancis. Di dalamnya terdapat campuran cabai hijau dan merah, bawang putih dan merah, tomat dan zucchini

Ratatouille dapat dinikmati bersama dengan roti, kentang dan nasi.


  1. Spaetzle

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\cheese-noodles-174858_1920.jpg


Makanan western ini dapat Anda temukan di Jerman, merupakan mi yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, garam dan telur. Spaetzle biasanya disajikan dengan daging dan saus yang melimpah, dan dimasak menggunakan mentega serta daun bawang untuk tumisan.

  1. Potluck Macaroni and Cheese

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\pexels-engin-akyurt-1438672.jpg


Hidangan ini biasanya disajikan pada jamuan makan malam yangs sangat populer di Eropa. Potluck macaroni and cheese  ini dibuat menggunakan bahan-bahan seperti makaroni, susu, keju, telur dan butter.

Makanan western ini dimasak dengan cara memasak makaroni sampai al dente dan kemudian dicampurkan menggunakan bahan lain sebelum akhirnya dipanggang menggunaan oven hingga matang.


  1. Herbs Roasted Chicken

C:\Users\TEMP.LAPTOP-USER.036\Downloads\pexels-maksim-goncharenok-6163330.jpg


Herbs roasted chicken merupakan olahan daging ayam yang menjadi menu populer dari western. Hidangan ini dimasak dengan cara dipanggang di oven yang sebelumnya dilumri dengan bumbu dan rempah.

Daging ayam dipanggang menggunakan aluminium foil dan cocok apabila dinikmati menggunakan sayuran dan kentang.


  1. Mushroom Risotto


Mushroom risotto merupakan makanan western yang berasal dari Italia, dan dimasak menggunakan kaldu ayam, daging ayam, beras, bawang bombay, jamur dan keju sebagai bahan utama.


  1. Caldo verde


Menu western selanjutnya adalah Caldo verde yang dibuat dengan bahan kentang, lada hitam, sayuran hijau, garam dan minyak zaitun. Caldo verde bisa dinikmati menggunakan roti jagung Portugis atau roti gandum hitam.


Comments