10 Objek Wisata Palembang Paling Hits dan Bagus 2022

10 Objek Wisata Palembang Paling Hits dan Bagus 2022, Cek di Sini!

Sumber: IDN Times

Kota Pempek, begitulah julukan kota ini. Ya, Palembang memang terkenal dengan masakan Pempeknya. 

Padahal, makanan tersebut sudah bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Apakah Anda berencana untuk pergi berlibur atau mengunjungi Palembang dalam waktu dekat? Luangkan waktu untuk mampir ke beberapa tempat wisata cantik di Palembang ini.

Jembatan Ampera

Sumber: Palembang.go.id

Tempat wisata di Palembang yang satu ini memang sangat istimewa. Karena Jembatan Ampera juga menjadi landmark kota Palembang. 

Dibangun pada tahun 1962, jembatan ini berdiri kokoh di atas Sungai Musi dan berfungsi sebagai penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Di dekat Jembatan Ampera, Anda akan menemukan toko yang menjual oleh-oleh dan makanan khas Palembang. 

Sungai Musi 

Sumber: Pegipegi

Nama Sungai Musi pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda.Ya, Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera. Sungai sepanjang 750 km ini telah digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat Palembang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga saat ini. 

Bahkan, Sungai Musi disebut-sebut sebagai pusat wisata kuliner di Palembang. Selain itu, ada beberapa tempat wisata lain di sekitar Sungai Musi, seperti Kampung Arab, Kampung Kapitan, Benteng Kuto Besak dan Rumah Rakit.

Bukit Siguntang 

Sumber: Native Indonesia

Bukit ini bukan bukit biasa, karena Bukit Siguntang dianggap keramat bagi masyarakat setempat Bukit Siguntang dianggap sebagai tempat ritual keagamaan dan meditasi dilakukan. Bukit ini memiliki ketinggian 40 meter di atas permukaan laut. Suasana di Bukit Siguntang terlihat sangat asri dan damai. 

Pulau Kemaro

Sumber: Wikipedia

Pulau Kemaro adalah sebuah pulau yang berada di tengah sungai Musi dan berjarak sekitar 6km dari Jembatan Ampera. Di pulau ini terdapat sebuah vihara yang banyak dikunjungi oleh umat Buddha dari berbagai daerah.

Di pulau ini terdapat makam seorang putri dimana sang putri menikahkan putra raja Cina dan menerima mahar 9 tempayan emas. Namun, pasangan yang baru menikah itu jatuh ke sungai dan tenggelam. 

Benteng Kuto Besak 

Sumber: Native Indonesia

Kunjungi Benteng Kuto Besak pada sore hari, kemudian Anda dapat menikmati pemandangan yang tak terlupakan dari satu-satunya bangunan yang dindingnya terbuat dari batu. Sekarang, dari Benteng Kuto Besa, Anda dapat melihat kapal yang melintasi Sungai Musi.

Baca juga: Info Jalur Pendakian Gunung Semeru

Air Terjun Lematang Indah

Sumber: Jejakpiknik.com

Untuk mencapai air terjun setinggi 40 meter ini, anda harus melalui perjalanan yang luar biasa, karena pemandangan di sekitar jalur yang anda tempuh sangat indah dan asri memudahkan wisatawan yang ingin datang melihat air terjun, cobalah untuk mengunjunginya saat musim kemarau, karena tangga menuju air terjun akan licin dan berbahaya saat musim hujan. 

Danau Ranau 

Sumber: Sripoku.com

Di Palembang ini terdapat sebuah tempat wisata yang sangat menarik yaitu Danau Ranau yang membuat kita betah di alam yang masih sangat asri dengan pemandangan alam di sekitar danau. Dengan udara di sekitar danau segar dan bebas polusi.

Pemerintah setempat tampaknya sangat serius mengelola Danau Ranau untuk dijadikan objek wisata, terbukti dengan dibangunnya hotel bintang lima di sekitar danau. 

Hutan wisata Ranau Punti Kayu 

Sumber: ANTARA News

Jika biasanya hutan berada di pinggiran kota, Hutan Punti Kayu hanya berjarak 7 km dari pusat kota Palembang, di hutan seluas 50 hektar ini Anda bisa menemukan kebun binatang atau penangkaran buaya. 

Masjid Cheng Ho 

Sumber: Indonesia Kaya

Masjid Cheng Ho ada di beberapa daerah di Indonesia. Namun, tak ada salahnya mengunjungi Masjid Cheng Ho di Palembang. 

Arsitektur rumah pedesaan khas tirai bambu tampak sangat jelas mendominasi masjid ini. 

Gunung Dempo 

Sumber: Sripoku.com

Jika Anda menyukai wisata ekstrim seperti mendaki gunung, maka Gunung Dempo adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Palembang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut. 

Baca juga: Referensi Tempat Wisata di Bandung untuk Libur Lebaran

Comments