Keunikan Gunung yang Ada di Bandung

Keunikan Gunung yang Ada di Bandung, Cek di Sini!

Menurut data, gunung yang ada di Bandung mencapai lebih dari 600 ribu dan tersebar luas dimana-mana. Tak heran jika Bandung menjadi provinsi yang subur, lantas gunung apa saja yang ada di Bandung ini? 

Gunung Bohong

Sumber: Bandung Bergerak

Dalam buku Agus Mulyana yang berjudul Sejarah Kereta Api di Priangan, terdapat kisah di tahun 1880-an mengenai pembangunan jalur kereta api di bagian kaki Gunung Bohong. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa para pekerja harus menggali tanah yang dalamnya sekitar 14 meter agar tanahnya sejajar untuk mempermudah pembuatan jalur.

Karena penggalian tersebut, Gunung Bohong mempunyai banyak lengkungan di samping rel kereta. Penggalian itu pun membuktikan bahwa kaki gunung yang ada di Bandung ini memiliki air yang sangat melimpah.

Bahkan dengan pasokan airnya itulah, para pekerja dapat meratakan tanah. Sampai sekarang salah satu gunung yang ada di Bandung ini memang subur. Belum lagi dengan pemanfaatan airnya yang luar biasa, membuat penduduk hidup lebih sejahtera.

Adapun awan merah yang berada di balik gunung ini menambah kesan yang mistis namun indah. Tak heran jika gunung tersebut ramai diperbincangkan orang.

Gunung Pacet

Sumber: Bandung Bergerak

Gunung yang ada di Bandung lainnya adalah Gunung Pacet, dimana Anda bisa mendaki kaki gunung ini. Terdapat panorama alam yang cukup menyenangkan apabila dilihat dari puncak, tak mengherankan apabila ada orang yang mendaki ke sini.

Selayaknya gunung kebanyakan, ukuran Gunung Pacet pun bisa dibilang besar dan dekat dengan gunung di Bandung lainnya. Terdapat beberapa pengairan di sini yang terjaga kebersihannya karena memang kawasannya sangat asri dan masih terkesan nature.

Gunung Pancir

Sumber: Wisata Bandung

Gunung Pancir berlokasi di Desa Jelegong, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, dan menjadi tempat pertambangan sejak lama. Keberadaannya yang menyimpan banyak keuntungan memang sangat bermanfaat, namun sayangnya aktivitas pertambahan tersebut menggerus keindahan gunung ini.

Akibatnya, gunung ini terkikis dan kurang diminati lagi oleh beberapa orang karena kondisinya yang tampak makin 'kurus' dan kerontang.

Baca juga: Info Jalur Pendakian Gunung Semeru

Gunung Putri Lembang

Sumber: Tempat Wisata di Bandung

Berlokasi di Bandung Barat, gunung Putri Lembang menyimpan pesona yang memanjakan mata. Bahkan terdapat tempat camping dengan harga terjangkau di kawasan ini, yang membuat Anda tidak usah repot-repot memikirkan tentang tenda dan lainnya.

Gunung Sunda

Sumber: iNews Jabar

Gunung Sunda merupakan salah satu gunung yang pernah meletus dulu sekali, vulkanik yang terkubur di dalamnya menjadikan tanaman lebih subur. Ketinggiannya mencapai 4.000 mdpl dan digandeng-gandeng pernah menduduki posisi gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Wayang

Sumber: Backpacker Jakarta

Gunung Wayang adalah salah satu dari gunung berapi kembar, yang sama dengan Gunung Windu. Lokasinya ada di sebelah timur kota Pangalengan di Kabupaten Bandung di Jawa Barat, dan memiliki kisah mistis di balik namanya.

Gunung yang ada Bandung ini dinamai Gunung Wayang karena sering terdengar suara gamelan dan wayang pada malam-malam tertentu. Namun, suaranya memudar seiring dengan ramainya perkampungan dan orang-orang yang mulai tinggal di sana.

Gunung Papandayan

Sumber: Disparbud

Tidak hanya untuk rekreasi, Gunung Papandayan bahkan dibuka untuk camping dan penelitian. Pada tahun 2022 di bulan Mei ini, Gunung Papandayan kembali dibuka untuk menjadi tempat liburan yang menyenangkan dan bisa dikunjungi dengan mudah.

Gunung Rakutak

Sumber: Backpacker Jakarta

Berada di Desa Sukarame Kecamatan Pacet, gunung ini menawarkan wisata khas alam yang menawan. Anda bisa menemukan banyak hal menarik di sini dengan udara bersih yang mempermudah otak untuk berpikir jernih.

Beberapa gunung yang ada di Bandung memang menyenangkan untuk ditelusuri dan diulik lebih lanjut. Baik info menariknya, latar belakang, keragaman makhluk hidup di dalamnya, bahkan sampai wisata.

Baca juga: Wisata Alam dan Taman di Bandung yang Cocok Dikunjungi Bersama

Sumber: https://beritakubaru.com/

Comments