Tips Menikmati Wisata Kapal Pesiar untuk Pertama Kali

Tips Menikmati Wisata Kapal Pesiar untuk Pertama Kali

Wisata Kapal Pesiar

Siapa yang tidak suka berlibur, menghabiskan waktu untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Apalagi liburan dengan kapal pesiar yang pastinya memberikan pengalaman wisata yang berbeda. Wisata kapal pesiar masih cukup asing di Indonesia namun bisa menjadi pilihan untuk Anda yang suka mencoba hal baru.

Wisata kapal pesiar menawarkan pengalaman liburan yang unik, mewah dan tentu saja mengesankan. Anda akan diajak melalui rute dengan beberapa persinggahan di beberapa negara hingga selesai. Fasilitas di atas kapal pesiar juga cukup memanjakan wisatawan, mulai dari penginapan yang nyaman hingga fasilitas hiburan. Ada restoran, kolam renang, tempat hiburan hingga kasino yang dapat dipilih selama perjalanan.

Tips Wisata Kapal Pesiar untuk Pemula

Tertarik mencoba wisata kapal pesiar? Karena pilihan wisata ini masih cukup asing, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Memilih rute yang tidak terlalu panjang

Perjalanan kapal pesiar memiliki rute dengan durasi perjalanan yang beragam yang bisa dipilih wisatawan. Bagi Anda yang baru mencoba pertama kali, sebaiknya memilih rute yang tidak terlalu lama. Bisa memilih perjalanan dengan durasi waktu dua atau tiga hari.

Sebenarnya pilihan rute tersebut dapat dipilih sesuai dengan durasi libur yang dimiliki. Namun bagi pemula memilih durasi yang singkat dapat membantu untuk beradaptasi dengan perjalanan laut.  Rute dekat akan membawa Anda ke destinasi di sekitar Asia Tenggara, mulai Singapura, Kuala Lumpur, Phuket. 

  • Pastikan memesan tiket lebih awal

Kapal Pesiar

Sama halnya dengan memesan tiket pesawat, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah dengan membelinya lebih awal. Rencanakanlah liburan jauh-jauh hari, misalkan 4 hingga 6 bulan sebelumnya untuk segera memesan tiket kapal pesiar.

Namun jangan memilih musim liburan sebab harganya tentu akan lebih mahal. Pastikan memeriksa kalender untuk menghindari hari-hari libur terlebih hari liburan panjang.

  • Pastikan kelengkapan dokumen

Melakukan perjalanan wisata dengan kapal pesiar akan membawa Anda ke beberapa negara. Karenanya jangan lupa melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan, mulai dari KTP, paspor hingga visa. Pastikan pula semua kartu identitas tersebut masih aktif agar dapat mengunjungi negara termasuk yang melakukan pelayaran sungai.

Untuk kenyamanan selama perjalanan, simpan semua dokumen identitas tersebut dalam tas yang mudah dibawa. Sebab Anda akan membutuhkannya ketika tiba di persinggahan. Selain itu agar tidak ketinggalan.

  • Bawa perlengkapan liburan yang dibutuhkan

Sebisa mungkin persiapkan segala kebutuhan liburan selama durasi waktu yang telah dipilih. Memang di dalam kapal pesiar memiliki fasilitas yang lengkap termasuk pertokoan super lengkap. Namun harganya lebih mahal dibanding berbelanja di darat.

Karenanya untuk kenyamanan perjalanan dan tentu menghemat pengeluaran lebih baik menyiapkan segala kebutuhannya. Bahkan untuk oleh-oleh, lebih baik membelinya di darat ketika tiba di tempat persinggahan.

  • Siapkan mata uang asing

Kapal Pesiar

Berwisata dengan kapal pesiar wajib menyiapkan mata uang asing sesuai negara yang dituju. Pastikan menukarnya sebelum berangkat untuk menghindari menukar di negara asal. Sebab penukaran di negara tujuan berisiko nilai tukar kurang akurat.
Memegang mata uang asing akan memudahkan Anda ketika ingin membeli sesuatu di negara yang disinggahi. Jika pun tidak berniat membeli sesuatu, kemungkinan Anda akan tetap membutuhkannya nanti.

Itulah tips wisata kapal pesiar yang penting untuk diketahui jika Anda akan pergi untuk pertama kali. Jangan lupa juga persiapan kesehatan tubuh Anda agar tidak sakit dalam perjalanan dan liburan menjadi lebih berkesan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Papua yang Terkenal


Comments