Rekomendasi Destinasi Wisata dan Cagar Alam Taman Nasional Baluran untuk Anda Kunjungi

 Ayo Kunjungi Rekomendasi Destinasi Wisata dan Cagar Alam Taman Nasional Baluran ini!

Rekomendasi destinasi wisata dan cagar alam Taman Nasional Baluran yang akan dibahas berikut ini cocok bagi Anda yang suka menikmati keindahan alam. Selain dikenal sebagai tempat konservasi, Taman Nasional Baluran juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik serta keindahan cagar alamnya. Berikut berbagai rekomendasi destinasi yang antara lain : 


  1. Hutan Evergreen 

    Rekomendasi Destinasi Wisata dan Cagar Alam Taman Nasional Baluran

Di Taman Nasional Baluran salah satu destinasi wisata yang paling dicari adalah Hutan Evergreen.


Saat Anda memasuki Taman Nasional Baluran, Anda akan disambut oleh pemandangan indah Hutan Evergreen yang bernuansa kan hijau. Hutan Evergreen sendiri merupakan hutan yang teduh dengan rimbunan pepohonan di sepanjang jalannya yang membentuk sebuah terowongan.

Beberapa satwa liar yang dapat dijumpai di hutan ini antara lain ayam hutan, kijang, monyet dan satwa liar lainnya.


  1. Padang Savana Bekol

    Rekomendasi Destinasi Wisata dan Cagar Alam Taman Nasional Baluran


Setelah melewati Hutan Evergreen, pengunjung akan disambut oleh hamparan Padang Savana yang luas nan eksotis. Padang Savana menjadi salah satu destinasi wisata cagar alam yang mendominasi Taman Nasional Baluran. Karena bentuknya yang menyerupai Benua Afrika, menyebabkan Taman Nasional Baluran mendapatkan julukan Africa Van Java.


Padang Savana Bekol memiliki berbagai satwa serta tumbuhan liar yang hidup dengan bebas di sana. Acacia nilotica menjadi tumbuhan yang mendominasi Padang Savana Bekol. Tumbuhan ini memiliki kemampuan beradaptasi sesuai iklim, seperti menghijau saat musim hujan dan menguning saat musim kemarau.


  1. Manting dan Air Kacip

Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran Anda akan menemukan sumber air yang tidak pernah mengering meskipun saat iklim kemarau berlangsung. Fenomena ini ditemukan saat Anda sedang berkunjung ke Manting dan Air Kancip.


Manting dan Air Kancip menjadi salah satu wisata di Taman Nasional Baluran yang menjadi habitat bagi macan tutul Jawa (panthera pardus melas). Untuk itulah saat berkunjung ke sana Anda harus berhati-hati dengan menjaga jarak terhadap satwa liar tersebut, karena berisiko bagi keselamatan terutama nyawa Anda.


Rekomendasi destinasi wisata dan cagar alam Taman Nasional Baluran memang melimpah dan beraneka ragam.


  1. Goa Jepang

    Destinasi Wisata dan Cagar Alam

Tidak hanya dengan wisata cagar alamnya, Taman Nasional Baluran juga menyediakan destinasi wisata yang beredukasi seperti Goa Jepang. Goa Jepang menjadi tempat wisata yang menyimpan sejarah pada saat penjajahan Jepang. Pada zamannya, gua yang memiliki luas 12 meter persegi ini berfungsi sebagai benteng pertahanan dan penyimpanan amunisi. Lokasi wisata Goa Jepang ini terletak di kawasan pos pertama yang tepatnya berada di depan kantor balai Taman Nasional Baluran.


  1. Pantai Bama

    Rekomendasi Destinasi Taman Nasional Baluran


Selain wisata alam seperti hutan dan padang, Taman Nasional Baluran sendiri memiliki jejeran pantai yang indah di sekitarnya. Pantai Bama menjadi tempat wisata perairan yang diincar oleh pengunjung yang berasal dari luar maupun dalam negeri.


Letak Pantai Bama yang meliputi area konservasi menjadikan pantai ini sebagai habitat bagi sekawanan kera abu-abu ekor panjang dan burung langka endemik, Jawa Timur. Selain menjadi lokasi konservasi, Pantai Bama juga memiliki keunikan lain dengan areanya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Hal ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bisa melakukan snorkeling dan menikmati hijaunya taman bakau di dermaga pantai.


  1. Pantai Balanan


Pantai Balanan menjadi pantai yang masih memasuki lingkungan Taman Nasional Baluran. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih serta air yang jernih yang membuat kita dapat melihat terumbu karang dengan jelas.


  1. Pantai Bilik
    Pantai Bilik Taman Nasional Baluran


Saat berwisata ke Taman Nasional Baluran, Pantai Bilik menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi terutama bagi Anda yang merupakan kaum penyendiri.  Hal ini disebabkan karena Pantai Bilik merupakan pantai yang tidak memiliki ombak, sehingga membuat pantai ini terlihat tenang dan cocok digunakan sebagai tempat untuk menjernihkan pikiran. 

Rekomendasi destinasi wisata dan cagar alam Taman Nasional Baluran cukup melimpah dan beraneka ragam. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen dan juga keindahan Taman Nasional Baluran. 

Comments