5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jawa

Kamu yang suka ngemil wajib banget mencicipi jajan pasar khas Jawa yang kini susah sekali ditemukan. Oleh karenanya jika kamu menemukan jajan pasar, jangan lewatkan untuk beli dan cicipi sensasi kelezatan dari makan khas jawa yang tidak akan kamu temukan pada jajan yang sering kamu beli di pinggiran jalan atau di mall.

Biasanya jajan pasar khas jawa akan kamu temukan ketika ada perayaan adat atau hari besar. Nah, biasanya jajan pasar khas jawa ini terbuat dari tepung dan umbi-umbian dan bahan sederhana lainnya, namun memiliki ciri khas yang akan membuat kamu ketagihan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa rekomendasi jajan pasar khas jawa yang wajib kamu cicipi. Silahkan disimak, dan jangan lupa untuk segera berburu jajan pasar khas jawa ini!

  1. Lupis atau Lopis

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jawa

Jajan pasar khas jawa satu ini terbuat dari beras ketan, seringnya disebut dengan nama lupis atau lopos. Bentuknya sangat unik seperti segi tiga, sehingga menambah daya tarik tersendiri untuk segera mencicipinya.

Cara membuatnya perlu ketelatenan, agar mendapatkan bentuk segitiga yang sempurna adonan beras ketan harus dibungkus dengan daun pisang dengan melipatnya secara hati-hati hingga membentuk segitiga. 

Lupis atau lopis juga memiliki bentuk lain yaitu lonjong layaknya lontong. Tapi tetap memiliki rasa dan kelezatan yang sama.

Cara memakainya agar lebih terasa nikmat, kamu harus menaburkan taburan parutan kelapa yang biasanya sudah sepaket dengan Lapisnya. Kemudian kamu taburi dengan saus gula merah yang juga sudah sepaket dengan lopis.

Parutan kelapa dan saus gula merah akan menambah citra rasa kue lupis ini.  Ketika kue Lupis atau lupis ini masuk kedalam mulut kamu kamu akan merasakan sensasi manis, gurih, serta tekstur kenyal dan empuk dari kue lupis.

  1. Cenil

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jawa

Jajan pasar khas jawa berikutnya yaitu Cenil. Cenil merupakan kue basah yang terbuat dari tepung kanji dan air perasan singkong atau pati singkong.

Cenil keunikan tersendiri yaitu dari warna-warni cantik bentuknya. Warna-warni ini disebabkan penambahan pewarna makanan dalam proses pembuatan cenil.

Warna yang ditambahkan pada adonan kue Cenil biasanya warna merah, pink, kuning, daun hijau yang membuatnya semakin menarik untuk dicicipi. Selain warnanya yang cerah dan terlihat sangat lezat, bentuk dari kue cenil juga beragam mulai dari bentuk lonjong seperti isian es cendol, kotak kecil seperti dadu, dan bulat

Cara menyajikan kue cenil agar terasa lebih lezat yaitu dengan menambahkan taburan gula pasir, dan taburan parutan kelapa. Gula pasir, dan parutan kelapa akan menambahkan citra rasa pada kue cenil.

Sehingga ketika kue cenil salah satu jajan pasar khas jawa ini masuk kedalam mulutmu. Kamu akan merasakan sensasi guth, manis, dan tekstur kenyal dari kue cenil.

  1. Gatot

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jawa

Jajan pasar khas jawa berikutnya datang dari daerah Yogyakarta yang bernama Gunung Kidul. Ada sebuah jajan pasar yang populer disana berwarna coklat gelap yang terbuat dari singkong yang tidak tumbuh secara sempurna.

Nama jajan pasar khas jawa ini mencerminkan bahan dasar adonan nya yaitu Gatot sebuah singkatan dari ‘gagal total’. Singkong yang gagal total atau tidak tumbuh dengan sempurna akan dijemur sampai kering lalu yang kemudian akan menjadi gaplek.

Gaplek tersebut lalu direndam dalam waktu semalam, kemudian dipotong-potong dan dikukus dengan ditambahkan gula merah. Sehingga warna dari jajan pasar khas jawa ini berwarna coklat.

Cara menyajikan gatot agar terasa lebih lezat dan gurih yaitu dengan penambahan parutan kelapa.

  1. Tiwul

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jawa

Tiwul merupakan salah satu jajanan pasar khas jawa yang terbuat dari singkong. Tiwul berasal dari singkong yang dikeringkan kemudian ditumbuk, lalu dikukus bersama gula merah yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Rasa khas dari jajanan pasar khas jawa satu ini yaitu manis dengan tekstur kenyal, dengan bentuk butiran kecil berwarna coklat. Umumnya Tiwul dibentuk seperti tumpeng atau bentuk kerucut.

Dalam cara menyajikan Tiwul memiliki beberapa versi, salah satunya di Wonogiri dan Gunung Kidul tiwul disajikan tanpa gula merah, akan tetapi dimakan bersama lauk layaknya seperti nasi. Tapi umumnya tiwul yang disajikan atau di jual dipasar akan disajaikan dengan gula merah serta kelapa parut yang membuat tiwul tersebut terasa manis.

BACA JUGA : KUE KHAS IMLEK

  1. Ketan Item

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Jawa

Jajanan Pasar Satu ini mungkin tidak asing untuk mu karena sering kali ditemukan yang biasanya dijadikan topping makanan. Seperti pada bubur kacang, ketan item merupakan toping tambahan yang wajib ada pada bubur kacang.

Nah, ketan item ini ternyata bisa loh dimakan tanpa tambahan makanan lainnya. Hanya dengan ditambahkan parutan kelapa dan taburan gula pasir, ketan item akan memiliki rasa yang lezat.

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah tahukan jajanan pasar khas jawa yang harus kamu cicipi. Jajanan pasar khas jawa rasanya tidak akan kalah dengan jajan kekinian loh.


Comments