Review Singkat Wisata Gili Trawangan. Tempat Terbaik Di Lombok Untuk Liburan

Review Wisata Gili Trawangan di Lombok Utara

Nama Gili Trawangan cukup dikenal dikalangan wisatawan lokal dan luar. Seringkali para wisatawan yang berlibur ke Pulau Bali, juga mengunjungi wisata Gili Trawangan. Tempat wisata ini memang cukup dekat dijangkau dari Bali. 

review wisata gili trawangan

Gili Trawangan adalah pulau kecil (gili) yang berada disebelah barat laut pulau Lombok. Pulau ini bisa dibilang sebagai pulau terbesar dari gugusan tiga gili (pulau kecil) yang ada disana. Dua pulau lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air. 

Untuk lebih jelasnya, simak fakta – fakta menarik mengenai wisata Gili Trawang dibawah ini :

Lokasi Gili Trawangan

Secara administratif, lokasi pulau atau Gili Trawangan ini masuk kedalam wilayah desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Gili Trawangan menjadi destinasi wisata favorit di Lombok. 

Kombinasi udara segar khas laut, pantai putih yang bersih, air laut yang jernih, dan juga fasilitasnya yang lengkap tentu membuat para wisatawan betah berlama – lama disana. Karena pulau ini tidak terlalu luas, jadi para wisatawan bisa mengitarinya dengan mudah menggunakan sepeda. 

Cara Menuju Ke Gili Trawangan

Ada 2 cara untuk bisa sampai ke Gili Trawangan, antara lain yaitu :

Menggunakan Fast Boat Atau Speed Boat Dari Bali

Menggunakan fast boat atau speed boat dari Bali adalah cara tercepat dan termudah menuju ke Gili Trawangan. Kamu bisa naik jenis perahu ini dari Padang Bai, Tanjung Benoa, Pulau Serangan, maupun Sanur di Bali. 

Harganya cukup mahal, sekitar Rp. 500 hingga 800 ribu per orang untuk sekali jalan. 

Melalui Pelabuhan Bangsal Atau Teluk Nara Di Lombok

Melalui rute ini, kamu bisa berangkat ke Lombok terlebih dahulu lewat udara dan landing di Bandara Internasional Lombok. Dari bandara, kamu baru bisa berangkat ke pelabuhan bangsal atau teluk nara lalu menyebrang ke Gili Trawangan. 

Pelabuhan bangsal adalah pelabuhan umum atau kapal umum. Disini, kamu bisa naik perahu kayu dengan tarik Rp. 15 ribu perorang, atau perahu cepat dengan tarif Rp. 85 ribu per orang. 

Sementara penyebarangan di Teluk Nara terutama untuk charter jenis kapal cepat, dengan tarif Rp. 350 ribu sekali jalan untuk satu speed boat. 

Aktivitas Dan Tempat Favorit Di Gili Trawangan

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dan nikmati saat berwisata di Gili Trawangan. Berikut dibawah ini beberapa aktivitas dan tempat yang harus dikunjungi di Gili Trawangan agar liburan kamu lebih puas. 

Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan Lombok memiliki pasir putih dan berlatar air laut yang jernih. Pantainya sendiri sudah memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, disini juga kamu bisa menikmati sunset dan sunrise dengan mudah. Pemandangan tersebut bisa dinikmati sembari bersantai di cafe dan bar yang banyak tersedia di tempat wisata ini. Kamu juga bisa berenang, namun perlu diperhatikan batasan keamanan yang ada. 

Snorkeling Dan Diving

Aktivitas snorkeling dan diving menjadi salah satu daya tarik utama disini. Biota laut yang masih cukup terjaga ditambah dengan air lautnya yang jernih tentu akan membuat pengunjung bersemangat untuk snorkeling. 

Sementara jika kamu memiliki lisensi diving, maka bisa join langsung ke dive center yang banyak terdapat disini. Namun, jika kamu masih pemula dan ingin melakukan diving, tersedia juga semacam pelatihan singkat selama 2 jam. Kamu akan diajarkan diving baik teori maupun praktek disini. 

Masih ada aktivitas lain yang bisa dilakukan di Gili Trawangan antara lain menonton presean atau stick fighting, mengelilingi pulau dengan sepeda, mengunjungi konservasi penyu, fotografi, berkuda mengelilingi pulau, dan lain sebagainya. 



Comments