5 Makanan Khas Riau Ini Siap Memanjakan Lidah Siapa Saja

makanan-khas-riau

travelyuka.com - Menyantap suatu makanan khas dari suatu daerah pastinya sangat nikmat. Apalagi jika kamu mencicipi suatu makanan khas itu langsung di kota asalnya. Seperti yang diketahui bahwa negara kita Indonesia memiliki beragam kuliner yang mampu memanjakan lidah siapa saja, termasuk kamu.

Salah satu kuliner yang wajib kamu coba adalah makanan khas Riau. Berikut dibawah ini rekomendasi 5 makanan khas Riau yang siap memanjakan lidah siapa saja, diantaranya yaitu : 

  1. Sop Tunjang

Sop Tunjang adalah makanan khas Riau yang terbuat dari tulang yang memiliki kuah sangat gurih dan sangat khas. Biasanya tulang yang digunakan untuk membuat makanan ini berupa tulang kaki sapi yang masih segar namun masih memiliki beberapa daging yang sengaja dibiarkan tersisa. Daging pada tulang kakinya juga sangat lembut dan empuk karena sebelumnya telah direndam terlebih dahulu dengan rempah rempah.

Selain itu juga, sop tunjang ini dilengkapi dengan irisan wortel, daun bawang, kentang, serta tomat yang akan menambah cita rasa dari makanan khas ini. Uniknya lagi, kamu juga nantinya bisa menikmati sumsum yang ada di dalam tulang kaki sapi tersebut dengan menggunakan sedotan.


  1. Mie Sagu

Mie sagu adalah makanan khas berupa olahan mie yang sangat unik juga kreatif dari Provinsi Riau. Jika biasanya kamu menikmati mie yang terbuat dari tepung terigu, maka berbeda halnya ketika berada di Riau, karena di Provinsi ini kamu bisa menikmati dan mencicipi mie yang terbuat dari olahan tepung sagu. 

Jika kamu sedang menjalani program diet, maka mie sagu ini cocok untukmu. Olahan mie khas Riau ini juga sangat aman bagi penderita penyakit diabetes, hal itu dikarenakan kadar gula didalam tepung sagu ini tidak tinggi jika dibandingkan jenis tepung lainnya. 

Mie sagu sangatlah nikmat disantap karena dilengkapi dengan menu ikan teri sambal goreng, tauge rebus, juga daun kucai. Mie sagu tidak hanya nikmat tapi juga kaya akan nilai gizi dan nutrisi.


  1. Roti Jala

Roti jala merupakan makanan khas Riau yang terbuat dari olahan tepung terigu. Roti jala sangatlah nikmat jika kamu menyantapnya di sore hari sebagai cemilan bersama keluarga. Tahukah kamu jika awalnya roti jala ini yang disajikan pada acara acara pesta saja. 

Namun, kini kamu bisa menemukannya dengan mudah di setiap sudut kota Riau. Biasanya roti jala ini dilengkapi dengan kuah berupa kuah kari baik kari daging ayam, sapi, ataupun kambing. Selain kuah kari tersebut, kamu juga bisa menikmati makanan khas ini dengan siraman saus atau juga kuah durian.


Baca Juga: Kuliner Unik Dari Jawa Timur Dengan Cita Rasa Sedap


  1. Ikan Selais Asap

Biasanya makanan khas ikan selais ini dilakukan proses pengasapan terlebih dahulu, sehingga kamu nantinya bisa mencicipi berbagai olahan ikan selais ini seperti dipindang atau digulai. Ikan selais memiliki cita rasa yang sangat khas, karena telah melalui proses pengasapan terlebih dahulu selama delapan jam lamanya sehingga membuat teksturnya juga sangat renyah ketika disantap. Selain sudah diolah dalam bentuk makanan yang bisa langsung disantap, namun ikan selais juga diolah dalam bentuk makanan tahanan lama yang bisa dijadikan oleh oleh.


  1. Cincalok

Cincalok adalah makanan khas Riau yang terbuat dari udang kecil yang biasanya telah difermentasi terlebih dahulu, sehingga memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya cincalok dijadikan sebagai pelengkap sambal yang bisa kamu santap dengan nasi putih hangat, dan cocok dinikmati kapan saja, terutama ketika cuaca sedang dingin.

Itulah 5 makanan khas Riau yang dijamin bakalan bikin kamu ketagihan dan pengen nambah teruss. Selamat mencoba, ya!

Comments