Panduan Perjalanan Wisata Tebing Koja Banten

Meski Tangerang cukup padat penduduknya dan memiliki aktivitas industri dengan kapasitas tinggi, Tangerang memiliki berbagai wisata alam menarik. Salah satunya ialah Tebing Koja, tempat wisata satu ini menawarkan keindahan alam indah dan juga instragrammable. Sesuai namanya, Tebing Koja mempunyai batu dengan ukuran sangat besar dan menyerupai kadal atau Godzilla. Pemandangan di Tebing Koja tersebut sering kali menjadi latar belakang berfoto yang dipermanis pemandangan alam di sekitar yang asri. Sebelum memutuskan berlibur ke kawasan Tebing Koja, maka pastikan kamu mengetahui informasi berikut dan berita banten lain. 

Panduan Perjalanan Wisata Tebing Koja Banten

Rute ke Tebing Koja

Untuk lokasinya cukup jauh kalau dari kota Tangerang. Pusat kota ke Tebing Koja perlu menempuh jarak sekitar 42 kilometer. Dengan begitu, akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Kalian bisa memulai perjalanan wisata Tebing Koja dengan memakai jalan tol ke Grogol. Setelah lewat tol Merak, kalian bisa keluar gerbang tol, belok ke kiri ke jalan Serang.  Kurang lebih selama 10 menit, maka kamu bisa melihat petunjuk perjalanan ke arah Cisoka di kiri dan kalau Serang ke jalur lurus. Pastikan mengambil arah kiri, lalu setelah ikut jalan Cisoka, kalian akan bertemu perempatan ke Tigaraksa di arah kiri perempatannya. Pastikan mengambil jalur lurus. Setelah jalan Cisoka ditempuh dengan jarak kurang lebih 10 km, maka kamu bisa belok ke kanan untuk masuk jalan kecil. Meski di lokasi ini tak ada penanda, kamu bisa melihat warung warna biru muda. Ikutilah jalan sampai menemukan pertigaan dan kemudian ambil arah kanan. Sementara kondisi jalan memiliki lebar 1 mobil saja. Kalian akan melihat pos wisata retribusi dan juga lokasi parkir nantinya. 

Lokasi Tebing Koja

Lokasi tepatnya Tebing Koja yaitu di Desa Cireundeu, Solear, Kab. Tangerang. Jam operasional Tebing Koja yaitu pukul 07.00 hingga pukul18.30 WIB. Sementara harga tiket Tebing Koja sekitar Rp 5 ribu untuk tiap orang

Aktivitas di Tebing Koja

Ada pemandangan tebing berbentuk layaknya gapura masuk serta sebuah batu menyerupai Godzilla yang membuat tempat ini menarik. Jika kamu hobi bersepeda, tempat wisata Tebing Koja menjadi pilihan yang tepat. Sebelum berkendara, pastikan sudah mengecek serta memastikan rem sepedanya. Hal ini karena jalanan di Tebing Koja berbentuk alami, ada cukup banyak lubang juga yang bisa saja tertutup genangan ketika sebelumnya hujan. Selain bisa menikmati pemandangan indah tebing di sana, kamu bisa juga membawa tikar, dan menyantap bekal dari rumah. Kamu juga dapat memesan berbagai makanan minuman karena ada beberapa warung makanan di sekitaran tebing. Jika kamu memutuskan berkunjung ke kawasan Tebing Koja, waktu terbaik berfoto di Tebing Koja yaitu pagi atau pun sore hari. Ada perpaduan antara sunset atau sunrise dengan mempesonanya tebing kapur. Sehingga bisa menghasilkan foto menarik. 

Fasilitas Tebing Koja

Kalian bisa menemukan beberapa warung makanan sehingga bisa leluasa menikmati santapan selagi menikmati indahnya pemandangan tebing. Di samping itu, area Tebing Koja menyediakan juga tempat parkir sehingga memudahkan kamu yang memakai kendaraan pribadi. Apa lagi biaya parkir di Tebing Koja ini cukup terjangkau. Itulah beberapa hal yang perlu dipahami jika ingin mencoba berkunjung ke Tebing Koja. Tebing Koja pada awalnya hanya lahan kapur datar, karena aktivitas tambang yang dilakukan 6 tahun, tanah hancur dan kedalamannya mencapai 5 hingga 10 meter. Dari penggalian tambang ini tidak memakai mesin berat, maka ada bagian keras dan belum tergali sempurna. Bagian tersisa tersebut membentuk tebing-tebing dengan bentuk tak beraturan dan memiliki formasi alami yang menarik.





Comments