Mengenal Apa Saja Ciri Khas Masakan Batak

Suku Batak sekarang ini sudah cukup tersebar ke hampir seluruh penjuru Indonesia, bahkan hingga luar negeri. Ada berbagai masakan khas dari Batak juga yang unik-unik. Bagi anda semua yang suka berburu kuliner, maka jangan lupa mencoba berbagai masakan menarik khas Batak. Agar bisa membantu anda mengenali masakan dari Batak, di bawah ini ada beberapa ciri khas dari makanan khas batak.

mengenal apa saja ciri khas masakan batak

Menggunakan banyak santan dalam makanannya 

Banyak masyarakat Batak menambahkan santan banyak biasanya untuk membuat hidangan berkuah. Dengan santan, maka membuat masakan memiliki rasa yang gurih, berlemak, serta juga nikmat. Ada beberapa masakan kuah yang dibaut dari santan yaitu ikan selai, daun ubi, gulai, dan sebagainya. 

Memakai andaliman sebagai bumbunya

Kalau berbicara masakan Batak, banyak yang mengingat langsung andaliman. Sebab memang andaliman ini menjadi bumbu yang sering dicampurkan dalam masakan khas Batak. Ada contoh masakan khas Batak yang memakai andaliman yaitu antara lain arsik dan saksang. Andaliman ialah jenis rempah dari kulit bagian luar tanaman jeruk-jerukan. Maka dari itu, tak heran kalau andaliman mempunyai aroma jeruk lembut. Sementara rasanya andaliman cukup mengigit, dan menimbulkan sensasi mati rasa atau kelu. Kondisi tersebut karena kandungan andaliman yaitu hydroxy alpha sanshool. Di samping andaliman, ada beberapa bahan lainnya yang sering digunakan sebagai bumbu masakan khas Batak yaitu bawang batak, merica, bawang merah putih, serai, kunyit, lengkuas, rembung, daun salam, jeruk purut dna jahe.

Memakai berbagai bahan-bahan masakan yang unik

Kalau anda menyukai hidangan ekstrim, masakan Batak ialah pilihan tepat. Sebab, ada beberapa masakan khas Batak yang dibuat dengan bahan-bahan unik. Ada contoh masakan Batak dengan bahan unik yaitu Tretes. Untuk bahan utama membuat trites ialah makanan kerbau atua lembu yang ada di dalam usus besar atau lambung, yang sudah dihaluskan oleh kerbau tersebut tapi belum dihisap sarinya. Ada cara mengambilnya yaitu pada saat kerbau disembelih, sayuran yang memang belum terolah dalam lambung bisa diambil untuk nantinya dimasak. Agar bisa menghilangkan rasa pahit dan bau, ditambahkan campuran berbagai bumbu khusus. 

Rasanya pedas

Ada sebagian besar warga Batak yang menikmati masakan pedas. Sehingga tidak heran kalau masakan Batak umumnya mempunyai rasa pedas. Agar bisa menimbulkan rasa yang pedas, maka beberapa bahan akan digunakan, seperti andaliman yang sudah disebut sebelumnya, cabai rawit, serta cabai merah. Cita yang pedas membuat berbagai masakan Batak bisa membuat tubuh kita hangat.

Sering disajikan dengan sambal

Ada ciri terakhir masakan Batak yaitu sering kali disajikan dengan sambal. Tak heran jika berbagai masakan Batak mempunyai beberapa macam sambal yang sayang dilewatkan. Beraneka macam sambal tersebut, yaitu antara lain seperti sambal tuktuk, kemiri, kantori jeruk, dan tentunya sambal andaliman. Itulah beberapa karakteristik atau ciri dari masakan dari Batak. Memang sangat menarik untuk menelisik ragam hidangan khas Batak. Misalnya saja ada Gule Kuta-Kuta yang merupakan salah satu makanan khas dari batak. Bahan dasar Gule Kuta-Kuta ialah ayam kampung. Sementara bahan baku untuk menu ini tidak terlalu beda dengan hidangan gulai umumnya. Hanya sajian Gule Kuta-Kuta ini memakai bunga kecombrang atau asam cekala. Tambahan dari bahan baku tersebut dianggap bisa menguatkan aroma gulai supaya semakin sedap dan kuat. Tentunya masih banyak hidangan lain yang menarik dari Batak selain Gule Kuta-Kuta ini. 

Baca Juga : Beberapa Hidangan Makanan Dari Batak



Comments