Jajan-Jajan Sehat Dengan Kudapan Sederhana Di Pasar Surakarta

Kesehatan menjadi keutamaan bagi banyak orang. Meski begitu, ada tantangan tersendiri untuk mendapatkan kesehatan tersebut. Karena menjalani kehidupan yang sehat harus menghindari konsumsi makanan tertentu, misal saja dari produk makanan dari sumber hewani. Sehingga sering kali orang-orang memilih untuk menjadi vegetarian dan memilih jajanan yang bebas produk makanan hewani.

Beberapa Jajanan Pasar Sederhana Di Surakarta Yang Sehat

Untuk kamu yang vegetarian dan sedang ada di Surakarta atau Solo, ada beberapa kuliner jajanan yang lezat dan juga sehat tanpa ada produk hewani. Misalnya saja di Pasar Gede yang menyediakan ragam jajanan sehat. Berikut ini akan dibahas beberapa jajanan tersebut. 

Lopis

Salah satu jajanan pasar enak dan cocok untuk yang suka manis-manis yaitu adalah lopis. Lopis merupakan makanan dengan cita rasa manis dan dibuat dengan bahan ketan, dan dilengkapi serutan kelapa. Tidak lupa juga yang membuat Lopis makin spesial adalah saus kental dari gula jawa. Sebenarnya tidak hanya di Solo saja, di daerah kabupaten sekitarnya juga menyediakan Lopis tersebut. 


Kamu dapat menemukan penjual jajanan lopis di sudut-sudut Pasar. Di dalam pasar atau di pinggiran pasar, biasanya ada yang menyediakan Lopis tersebut. Tentunya harga jajanan lopis yang bisa kamu temukan di Pasar ini sangat terjangkau. Dengan 5 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati seporsi lopis yang lezat ini. 

Serabi Kuah

Jajanan serabi kuah tentu jangan sampai kamu lupakan ketika mengunjungi pasar-pasar di Surakarta. Jika negara barat mempunyai pancake yang menjadi jajanan andalan negara tersebut, ada juga di Indonesia yang namanya serabi kuah. Serabi ini sering kali menjadi menu sarapan bagi banyak orang terutama yang tinggal di Jawa Tengah. Ada pun juga serabi yang dihadirkan bersama kuah yang makin menambah kelezatan serabi tersebut.


Camilan serabi kuah ini dibuat dengan bahan tepung beras, gula jawa dan juga santan. Ciri khas kudapan serabi kuah tersebut memiliki tekstur yang lembut dan juga rasanya sangat gurih. Rasa gurih dari serabinya ditambah dengan kuah lezat membuat banyak orang yang menggemari serabi kuah tersebut. 

Biasanya serabi kuah juga tersedia di sudut-sudut saat pagi hari karena biasa disantap ketika sarapan. Menu serabi kuah cocok disantap ketika sedang lari pagi dan juga merupakan jajanan sehat. Selain sehat, serabi kuah ramah juga di kantong alias murah. 

Es Potong Buah

Ada lagi jajanan yang bisa ditemukan di kawasan pasar Surakarta yaitu es potong buah-buahan. Jajanan es potong tersebut sangat cocok untuk kamu yang lagi mencari jajanan yang segar, terutama saat siang hari. Dengan 3 ribu saja, maka kamu sudah dapat menikmati sepotong es ini yang segar, lembut dan manis. 


Es potong ini bukan es biasa karena dibuat dengan buah asli, sehingga kamu bisa merasakan buah-buah potongan yang segar dalam es tersebut. Secara umum, es jadul satu ini berbahan dasar gula, santan, dan seperti yang sudah disebut sebelumnya yaitu buah alami. 

Ada pun beberapa pilihan rasa yang dapat kamu pilih, ada rasa cokelat, alpukat, nangka, durian, ketan hitam dan kacang hijau. Dari komposisi santan dan gula yang pas pada jajanan es potong ini bisa memberikan rasa gurih dan manis yang lezat. Demikian saja, jajanan ada juga yang menyehatkan sehingga lebih cocok bagi banyak orang. Beberapa jajanan sehat dan sederhana ada di pasar Surakarta.



Comments