Beberapa Hidangan Makanan Dari Batak

Batak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Seperti daerah lain, daerah Batak memiliki ragam macam kuliner yang menarik untuk kita ketahui. Ada bahkan makanan khas batak yang dibuat dengan susu kerbau, memakai bahan dasar sana yang terkenal yaitu andaliman, ada dibuat dengan bahan dasar ikan dan sebagainya. Agar lebih jelasnya, kalian bisa mengenal beberapa makanan khas dari Batak di bawah ini. 

Dali Ni Horbo

Salah satunya ialah Dali Ni Horbo yaitu kuliner tradisional dari Batak yang cukup terkenal. Dali Ni Horbo ini dibuat dengan bahan dasar unik yaitu susu kerbau dan kemudian dimasak memakai bumbu. Proses memasak Dali Ni Horbo tersebut juga masih tradisional. Kalau sekilas, maka hasil akhir makanan Batak ini layaknya seperti tahu, tetapi cita rasa gurih dan asin sangat khas yang membuatnya terasa berbeda dengan hidangan tahu yang dibuat dengan bahan kacang kedelai.


Manuk Napinadar

Ada ciri khas dari makanan Manuk Napinadar yaitu adalah ayam dengan andaliman. Hidangan Manuk Napinadar disukai banyak orang, ayam akan dibakar dan lalu kemudian dibumbui serta dicampurkan dengan memakai darah ayam segar dengan kematangan pas. Manuk Napinadar lebih nikmat kalau dibuat agak pedas tetapi bisa disesuaikan selera. 


Mie Gomak

Mie Gomak bisa disantap dalam bentuk goreng atau pun kuah. Mi gomak ini menjadi kuliner Batak yang juga wajib dicoba. Hidangan Mi gomak mempunyai bentuk yang mirip dengan makanan luar yaitu spaghetti. Sangat mudah Mie Gomak kamu temukan kalau sedang di kawasan Toba dan kawasan sekitarnya. Tidak jarang hidangan mi gomak tersebut menjadi oleh-oleh yang bisa dibawa perantau karena mudah untuk dimasak dan mempunyai cita rasa khas tersendiri tak seperti mi yang lainnya. Biasanya Mie Gomak digoreng atau bisa dibuat berkuah juga. Aroma bumbu serta campuran bawang goreng iris, santan dan juga andaliman membuat Mie Gomak sangat nikmat. Andaliman sendiri ialah rempah yang sering ditemukan di kawasan Toba khususnya area dataran tinggi. 


Arsik Nurung Mas

Hidangan Arsik Nurung Emas/ Mas ialah masakan batak yang juga lebih baik kalian coba. Perlu berjam-jam memasak menu Arsik Nurung Mas dengan memakai bahan ikan mas tersebut. Pasalnya, setiap bumbu harus benar-benar meresap sempurna ke ikannya agar bau amis bisa hilang sempurna. Arsik Nurung Mas memiliki rasa asin, pedas dan asam serta biasanya disajikan memakai nasi hangat dan sayuran pelengkap. 


Trites

Makanan Trites khas Batak bisa dibilang cukup unik, lantaran memang Trites tersebut sulit ditemukan kalau dicari di daerah lainnya. Sajian Trites ini dibuat dengan rumput-rumputan di usus sapi, kambing dan kerbau. Namun, kalian tidak perlu takut karena penggunaan bahan untuk Trites bukan rumput yang menjadi kotoran, tapi rumput yang ada di usus atau kantung penyimpanan sapi. Rumput ini hasil mamahan mulut yang telah ditelan lalu dimamah kembali. Lalu rumput tersebut dimasak bersama dengan bumbu-bumbu serta jeroan sapi lain untuk menjadi Trites. Kalau dilihat sekilas memang ckup menjijikan, tapi rasa Trites sangat lezat. Selain itu, Trites dipercaya bisa meredakan sakit perut. Meski begitu, biasanya Trites disajikan hanya pada saat acara besar atau perayaan adat.


Manuk Getah

Menu Manuk Getah cukup unik juga, karena bahan dasarnya ialah darah ayam. Lalu kemudian, darah tersebut diolah menjadi hidangan makanan berkuah dnegna menggunakan bumbu lezat khas Karo. Ada beberapa wisatawan yang mengelompokan Manuk Getah sebagai kuliner yang ekstrem. Namun, tak sedikit orang penasaran dengan Manuk Getah tersebut.


Baca Juga : 5 Makanan Khas Pare Pare


Comments