4 Jenis Kalkulator Masa Subur

jenis-kalkulator-masa-subur


travelyuka.com - Kalkulator masa subur tentunya sangatlah berguna bagi perempuan. Baik untuk mengetahui masa subur demi memperoleh kehamilan ataupun hanya sekedar untuk mengetahui kapan tepatnya haid akan datang. Untuk itu beberapa jenis perhitungan kalkulator untuk menghitung dan memperkirakan masa subur perlu diketahui dan dipahami terutama oleh para wanita.

Kalkulator masa subur online

Masa subur seringkali dihitung oleh kaum perempuan dengan menggunakan cara yang praktis. Salah satunya adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur yang bisa diakses secara online. Cara perhitungan masa subur dengan menggunakan sistem online ini tampaknya menjadi cara yang paling banyak disuka oleh kaum perempuan. Sebab caranya sangatlah mudah dan praktis. Anda hanya perlu memasukkan hari pertama dari siklus menstruasi yang terakhir dan periode siklus haid di tiap bulan. Setelah itu klik tombol yang sesuai dengan instruksi maka akan didapati hasil masa subur. Untuk mendapatkannya maka Anda bisa melakukan download aplikasi kalkulator untuk menghitung masa subur ini. Atau bisa juga kalkulator ini ditemukan dengan membuka laman di website. 

Kalkulasi masa subur berdasarkan periode haid

Cara selanjutnya yang juga bisa dipilih untuk menghitung masa subur adalah dengan melakukan kalkulasi masa subur berdasarkan pada periode haid. Cara ini bisa dilakukan dengan mencatat siklus haid lalu dikurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek. Maka dari perhitungan ini nantinya akan ditemukan perhitungan hari pertama peluang di masa subur. Setelah itu dari panjang siklus terpanjang bisa dikurangi 11 hari. Maka nantinya akan diperoleh hari terakhir dari masa subur. 

Perhitungan atau kalkulasi masa subur dengan cara ini bisa disebut pula dengan perhitungan cara manual. Perhitungan dilakukan dengan mencari siklus rata-rata yaitu dengan melakukan cara seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Hitung masa subur dari suhu basal tubuh

Bagi Anda para perempuan bisa pula melakukan perhitungan masa subur dengan berpatokan pada suhu basal tubuh. Umumnya saat terjadi ovulasi suhu tubuh perempuan akan mengalami peningkatan hingga siklus haid tiba. Namun sesaat setelah suhu tubuh meningkat maka itulah masa subur perempuan. Jadi cara untuk mengetahui masa subur wanita ini bukan dilakukan dengan perhitungan seperti biasanya melainkan dilakukan dengan melihat kondisi tubuh. 

Anda bisa mengukur suhu basal tepatnya pada saat bangun tidur dan sebelum melakukan berbagai macam kegiatan. Untuk hasil yang lebih akurat maka sebaiknya lakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer di jam yang sama tepatnya setelah bangun tidur. 

Ketahui kesuburan melalui lendir serviks

Hormon perempuan setelah haid rupanya bisa berdampak pada lendir serviks atau yang juga bisa disebut leher rahim. Lendir ini akan mengalami perubahan baik dalam hal warnanya maupun jumlahnya dan juga teksturnya. Perubahan yang ada pada lendir serviks ini bisa terjadi dalam kurun waktu 3 hingga 4 hari. Pada masa inilah perempuan bisa dikatakan berada dalam masa subur sehingga peluang terjadinya kehamilan cenderung besar. Maka di masa ini perempuan dikatakan berada pada masa subur. 

Itulah beberapa jenis kalkulator masa subur yang kini bisa menjadi suatu cara yang mudah dan tepat untuk mengetahui masa subur wanita. Maka perhitungan mengenai masa subur nantinya dapat dilakukan dengan beragam tujuan. Terutama bagi para wanita yang ingin memperoleh kehamilan maka tentunya melakukan kalkulasi terhadap masa subur merupakan salah satu cara terbaik yang bisa ditempuh.

Comments