Inilah Beberapa destinasi wisata sekitar gunung di yogyakarta yang masih buka



Beberapa destinasi wisata sekitar gunung di yogyakarta yang masih buka

travelyuka.com - Salah satu kawasan wisata pegunungan yang paling popular di yogayakarta adalah kawasan wisata di sekitar gunung merapi. Berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik ada disana. Namun sayangnya, beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 5 november, gunung merapi dinyatakan berstatus waspada. Dimana status gunung ini akan berpengaruh terhadap aktivitas wisata-wisata yang ada disektarnya.

Meski kondisi gunung merapi cukup beresiko, namun kabar yogya hari ini terbaru rupanya tersebar informasi bahwa masih ada sejumlah destinasi wisata yang tetap beroperasi dan dibuka untuk para pengunjung ditengan status waspada gunung merapi. Tempat wisata tersebut diyakini cukup aman karena lokasinya yang berada cukup jauh dari kawasan puncak gunung merapi, yakni lokasinya lebih dari radius 5 kilo meter dari puncak gunung.

6 wisata di sekitar gunung merapi yang masih beroperasi  di yogyakarta

1. Merapi lava tour

Wisata ini merupakan wisata yang berbentuk perjalanan menyusuri bekas tempat alira lahar letusan gunung merapi terdahulu menggunakan jeep. Paket yang ditawarkan pada wisata satu ini ada 4, yang tergantung pada rutenya yaitu panjang, pendek, sedang, dan sunrise.  Namun sayangnya, destinasi wisata yang berlokasi di kaliurang, lereng gunung merapi ini tidak seluruh rute bisa dilewati seperti halnya saat status gunung merapi aman. Terdapat beberapa rute yang dilakukan pembatasan demi keamanan pengunjung.


2. The lost world castle

The lost world castle yang berlokasi di kepuharjo, cangkringan, sleman ini menyuguhkan spot terbaik dari keindahan lereng gunung. Disamping itu, ada juga sejumlah wahana menarik yang cocok untuk bermain atau sekedar swafoto. hal yang cukup khas dari tempat wisata satu ini adalah adanya tembok besar yang mengelilingi lokasi, sehingga tidak heran jika tempat ini juga dijuluki sebagai benteng atau castle.Lokasi yang cukup jauh dari radius berbahaya yakni 7 km dari puncak gunung merapi membuat destinasi wisata ini tetap dibuka. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau, yakni Rp. 30.000.

3. Stonehenge merapi

Sesuai dengan namanya, wisata stonehenge merapi ini menyuguhkan keunikan sejumlah bebatuan raksasa yang diduplikasi dari situ stonehenge inggris dengan view keindahan lereng gunung merapi. Terletak di camgkringan, sleman, wisata ini  dibuka setap hari pada 07.30 hingga 18.00 wib.

4. Museum ullen sentalu

Seperti halnya dengan museum lainnya, destinasi wisata ini menawarkan pameran benda-benda yang berkaitan dengan budaya dan sejarah. Hanya saja museum ullen sentalu ini khusus mengoleksi benda-benda sejarah kerajaan mataram. Lokasi museum ini tepatnya di jalan boyong kilometer 25, kaliurang barat, sleman. Dimana tempat wisata sejarah ini dibuka hanya pada hari selasa hingga minggu, pukul 08.30 sampai 15.15 wib. 


5. The world landmark merapi park

Destinasi wisata ini menawatkan sejumlah nimiatur keajaiban dunia, sehingga dapat memberikan pengalaman seolah sedang menjelajahi dunia dalam waktu singkat. Sangat cocok untuk anda yang hobi swafoto baik sendiri maupun bersama keluarga.


6. Museum gunung merapi

Musem yang terletak di desa harjobinangrum, cangkringan sleman ini menyuguhkan pamerah sejarah letusan hebat gunung merapi tahun 2009 silam. 

Yogya memang terkenal dengan kebudayaan dan destinasi wisatanya, selain 6 destinasi wisata diatas, masih banyak tempat wisata yogya yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan. Akan tetapi, sebelum memutuskan mengujungi tempat wisata tersebut atau wisata yogya lainnya, sebaiknya anda tetap update terkait jadwal operasionalnya melalui internet, salah satu situs berita yang terpercaya adalah  jogja.idntimes.com yang bisa anda kunjungi kapan saja.

Baca Juga : Dari Unik Hingga Mistis, Deretan Tradisi Suku Toraja Sulawesi Selatan

Comments