5 Peralatan Bayi Baru Lahir Untuk Berpergian -travelyuka.com


5 Peralatan Bayi Baru Lahir Untuk Berpergian -travelyuka.com


travelyuka.com -
Apakah Anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan? Bila ya, tentu Anda tahu bahwa bayi baru lahir sebaiknya tidak dibawa berpergian yang jauh. Tetapi pada faktanya, seringkali kondisi membuat orang tua harus membawa bayinya untuk berpergian. Dengan demikian, Anda butuh untuk membeli perlengkapan yang akan digunakan saat membawa bayi berpergian. Berikut ini adalah 5 perlengkapan bayi untuk berpergian:

  1. Pampers 

Anda tidak bisa memprediksi kapan bayi akan buang air. Agar perjalanan Anda lebih mudah, Anda butuh untuk membeli pampers. Ingatlah bahwa ada jenis anak yang kulitnya sensitif sehingga tidak bisa menggunakan popok merk sembarangan. Anda perlu mengetahui apa produk yang sekiranya cocok untuk anak Anda. 

Saat berpergian, Anda harus menghitung berapa jam popok tersebut sudah digunakan. Ganti bila sudah terlalu lama dan segera ganti bila bayi menangis karena buang air. Bawalah persediaan pampers selama perjalanan.

  1. Kain bedong 

Pernahkah Anda mendengar apa itu kain bedong? Kain bedong adalah kain yang digunakan untuk membungkus bayi. Tujuan utama dari melakukan pembedongan adalah agar bayi merasa lebih hangat dan nyaman. Saat berpergian, bayi akan cenderung mengantuk dan akhirnya tertidur. Bila Anda mengenakan bedong padanya, ia akan merasa lebih nyaman dan pulas tertidur. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pembedongan. Yang pertama adalah tidak mengenakannya terlalu kencang. Bila terlalu kencang, bukannya nyaman bayi malah akan merasa sesak dan akhirnya rewel. Yang kedua adalah tidak digunakan saat cuaca sedang panas. Anda harus tahu kapan bayi perlu menggunakan bedong dan kapan tidak. 

Baca Juga : Beragam Peralatan Steril Untuk Bayi Baru Lahir

  1. Perlak 

Perlak adalah alas tidur dari bayi yang bisa melindungi permukaan dari kotoran bayi. Bila sedang berpergian, Anda wajib membawa perlak. Anda tentu perlu mengganti popok bayi Anda bukan? Untuk bisa melindungi permukaan meja atau kasur dari kotoran bayi, dibutuhkan perlak ini. Ada dua jenis perlak yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah tahan air dan yang kedua adalah tidak tahan air. 

Jenis perlak tahan air akan tetap kering bila terkena ompol bayi. Anda bisa membawanya saat berpergian. Tetapi untuk perlak yang tidak tahan air, air akan diserap di permukaan perlak. Bila dibiarkan, bayi bisa terkena masuk angin. 

  1. Stroller 

Perlengkapan yang satu ini sangat opsional, Anda bisa membawanya saat berpergian atau tidak. Stroller memiliki fungsi untuk membantu Anda dalam mengasuh bayi. Saat Anda merasa capek untuk menggendong bayi, Anda bisa mendorongnya menggunakan stroller. Tetapi bila Anda merasa tidak membutuhkannya, Anda harus menggendong bayi dimanapun dan kapanpun. Ada banyak sekali jenis stroller, sehingga Anda perlu cermat dalam membelinya. 

  1. Jaket 

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan jaket, bayi juga membutuhkannya. Anda bisa mengenakan jaket pada bayi saat sedang berpergian. Dari segi bahan, tentu Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi. Misalnya, bayi akan dibawa berpergian cukup jauh, maka Anda membutuhkan jaket yang cukup tebal agar bayi tidak masuk angin. 

Tidak hanya itu, Anda bisa menggunakan jaket sebagai perlindungan ganda dengan selimut. Pertama, Anda bisa menggunakan jaket pada bayi. Setelah bayi sudah ada dalam gendongan, Anda bisa menyelimutinya juga. Bayi akan merasa hangat dan nyaman. 

5 perlengkapan diatas perlu Anda beli bila bayi akan diajak untuk berpergian. Menjaga kesehatan dan keselamatan bayi saat berpergian tentu menjadi fokus utama untuk orang tua. Jangan sampai abai dan berujung dengan bayi yang sakit. 

Baca Juga : Daftar Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami Cantik


Comments