5 Hal yang Dilakukan Sebelum Niat Sholat Tahajud

5 niat sholat tahajud


travelyuka.com - Sebelum melakukan sholat tahajud, pastinya kita harus membaca atau mengucapkan niat sholat tahajud tersebut. Niat sholat tahajud sama dengan niat sholat yang lain, hanya berbeda pada pengucapan sholatnya saja. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan sebelum Anda membaca niat sholat tahajud tersebut.  Beberapa hal tersebut terlihat ringan tapi sangat mempengaruhi sholat tahajud Anda, antara lain sebagai berikut. 

1. Bangun Dengan Sempurna

Karena sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam, maka dianjurkan untuk melakukan sholat tahajud setelah tidur malam. Pastikan Anda bisa bangun pada saat waktu terbaik sholat tahajud tersebut, baik dengan cara bangun sendiri atau menggunakan alarm.

Tapi pastikan juga jika Anda sudah bangun, Anda harus bangun dengan sempurna sehingga Anda bisa melakukan sholat tahajud dengan khusyuk dan tidak dalam keadaan mengantuk. Jika Anda masih mengantuk, lakukan apapun yang bisa membuat kantuk Anda hilang baru Anda bisa melakukan sholat tahajud.

2. Mengajak Keluarga Sholat Berjamaah

Sebelum melakukan apapun dalam sholat tahajud, pastikan dulu Anda melakukannya lebih baik melakukan berjamaah bersama keluarga yang ada di rumah. Memiliki niat untuk melakukan sholat tahajud adalah ibadah yang istimewa, sehingga akan lebih baik jika kita menjalani ibadah istimewa dengan orang-orang tercinta agar pahalanya berlipat ganda. Dengan begitu, Anda pun bisa bangun di malam hari tidak sendiri. Walaupun begitu, kekhusyukan sholat malam Anda masih bisa tercipta.

3. Bersuci Dengan Benar

Setelah Anda siap untuk melakukan sholat tahajud, mulai dengan bersuci atau berwudhu dengan tepat dan benar. Karena, ini akan menentukan kesahan sholat tahajud Anda nantinya. Lakukan dengan baik dan khusyuk. 

Selain untuk bersuci dari hadas dan najis hingga bersih, berwudhu juga harus membuat rasa kantuk Anda hilang agar siap untuk melaksanakan sholat tahajud. Jangan terburu-buru, dan lakukan berwudhu dengan santai sambil menikmati indahnya bersuci untuk menjalani sholat istimewa.

4. Berzikir dan Berdoa

Sebelum membaca doa niat untuk sholat tahajud, Anda bisa melakukan atau membaca zikir terlebih dulu. Salah satunya dengan membaca istighfar, dan Basmallah. Dengan membaca istighfar, maka Anda juga akan terhindar dari godaan syetan dalam melakukan sholat ini. 

Karena, untuk melakukan ibadah pada waktu tersebut akan banyak godaan yang muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengucapkan doa-doa tertentu yang bisa Anda ucapkan pada saat sebelum memulai sholat tahajud tersebut.

5. Harus Istiqomah

Selain semua syarat sahnya sholat tahajud di atas sudah terpenuhi, ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan sholat tahajud dan sebelum membaca niat sholatnya. Walaupun Anda sudah melakukan semua hal di atas dengan benar dan tepat, namun jika Anda tidak istiqomah untuk melakukan sholat tahajud ini seterusnya maka semua itu akan terasa tidak berguna. 

Lakukan semua hal di atas dengan perlahan dan seksama, dan jangan sampai Anda melakukan salah satunya terutama untuk sholat tahajud dengan terburu-buru. Karena, selain tidak khusyuk Anda juga tidak mendapatkan hikmah dari menjalani sholat malam Anda ini.

Jika Anda memang benar-benar bersungguh-sungguh dalam menjalankan niat sholat tahajud, dan akhirnya melaksanakan dengan sebaik-baiknya maka Anda harus menjalani niat tersebut sampai selesai. Walaupun, jika Anda baru berniat saja pahalanya sudah berlimpah. Oleh karena itu, dalam mengucapkan niat harus sudah ditanamkan dalam hati untuk melakukan dengan sepenuh hati.

Baca juga: Daftar Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami Cantik


 


Comments