4 Variasi Daging Rendang: Mulai dari Rendang Ayam hingga Rendang Jengkol

4-variasi-daging-rendang

Travelyuka.com - Di Indonesia, rendang menjadi salah satu kuliner yang mudah ditemukan di seluruh nusantara. Pada berbagai acara besar seperti pernikahan, khitanan dan juga hari raya Islam, rendang menjadi menu pamungkas yang pasti diminati banyak orang.  Nikmatnya daging yang gurih dan empuk berpadu dengan bumbu rendang yang nikmat sangat cocok menemani sepiring nasi panas. 

Untuk menyantap makanan lezat ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa coba menemukan berbagai macam resep rendang Padang yang enak dan mudah dilakukan. Namun jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal agar rendang yang Anda hasilkan tidak alot dan rasanya sedap.

Daging rendang yang bertekstur alot umumnya disebabkan karena waktu memasak yang kurang lama. Bisa juga disebabkan karena bumbu yang tak meresap dengan sempurna. Tetapi jika Anda memasak dagingnya terlalu lama, bisa jadi tekstur dagingnya akan hancur. 

Selain bumbu rempah kapulaga, jintan, ketumbar, merica dan rempah lainnya, memasak rendang juga membutuhan tambahan santan cair dan santan kental agar bumbu rendangnya dapat meresap sempurna. Kemudian masaklah sekitar 3 sampai 4 jam.

Apabila Anda tidak suka daging sapi, saat ini ada juga variasi rendang lainnya yang bisa dicoba. Seperti rendang telur, rendang ayam, rendang jengkol dan masih banyak lagi.

4 Variasi Daging Rendang Padang yang Bisa Anda Coba 

1. Rendang ayam

Rendang ayam bisa menjadi salah satu alternatif pengganti daging sapi dalam pembuatan resep rendang. Rendang ayam sudah umum ditemukan pada restaurant atau rumah makan. Bahan dasar pembuatannya tentu menggunakan daging ayam dan tambahan bumbu rendang. 

2. Rendang jengkol

Bagi para pecinta jengkol, menikmati rendang jengkol pasti menjadi surga tersendiri. Pada beberapa tempat, rendang jengkol biasanya dinikmati dengan sepiring nasi uduk hangat sehingga bertambah nikmat. Cara pengolahannya sama saja dengan rendang daging hanya saja bahan dasar yang digunakan adalah jengkol bersama dengan bumbu rendang dan santan kental. 

3. Rendang suir

Selain rendang daging khas Minang yang biasanya dipotong bebentuk kotak-kotak, ada juga rendang khas dari Payakumbuh. Perbedaannya terletak pada daging sapi atau daging ayamnya yang disuir kecil-kecil. Rendang suir ini sekilas mirip seperti abon hanya saja bentuk serat daging lebih besar. Selain itu bumbu rendangnya juga kering. 

4. Rendang telur

Selain menjadikan daging sebagai bahan utama rendang, telur rupanya juga bisa diolah dengan bumbu rendang. Rasanya juga tak kalah nikmat. Pengolahannya sama dengan rendang daging, hanya saja menggunakan bahan utama telur.

Resep Rendang Telur

Resep rendang Padang dengan bahan telur rebus, pastinya lebih mudah dimasak sendiri di rumah. Anda tak perlu khawatir rendang yang Anda hasilkan alot atau malah tidak meresap bumbunya. Berikut bahan-bahan pembuatan rendang telur yang bisa Anda coba. 

Persiapan bahan:

  • ¼ telur direbus hingga matang. Lalu dikupas bersih

  • 1 batang sereh

  • 6 lbr daun jeruk dirajang

  • Garam dan kaldu secukupnya

  • Santan 60 ml

  • Air 30 ml

  • Minyak goreng

Siapkan bumbu halus :

  • Bawang merah 5 siung

  • Bawang ptih 3 siung

  • Cabai merah 5 biji

  • Kemiri 1 butir disangrai

Cara pembuatan :

  1. Telur rebus digoreng hingga kecoklatan lalu sisihkan

  2. Tumislah bumbu halus, lalu masukkan sereh dan daun jeruk. Aduk dan tumis hingga bau harum

  3. Kemudian tambahkan air dan masukkan telur yang sudah digoreng. Aduk, dan biarkan hingga mendidih. Lalu masukkan santan

  4. Koreksi rasa dengan menambah garam dan kaldu ayam

  5. Aduk, sampai bumbu jadi meresap dan berminyak

  6. Rendang telur siap disajikan.

Itu dia beberapa variasi daging rendang Padang yang bisa Anda coba kreasikan sebagai lauk harian di rumah. Tak hanya memberikan variasi daging rendang, kami juga menyediakan resep rendang telur yang sangat mudah dan juga bisa Anda coba. Selamat memasak ya!

Comments