Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI Supaya Disetujui

Travelyuka.com - Kemungkinannya kamu sering mengajukan kredit pinjaman ke Bank tapi ditolak. Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Kamu harus segera mengetatuinya supaya nanti saat akan mengajukan kredit pinjaman yang selanjutnya bisa tembus.

Memang mengajukan kredit pinjaman ke Bank itu bisa dibilang susah susah gampang. Terlebih lagi bagi kamu yang baru pertama kali mengajukannya.

Karena belum adanya riwayat kredit yang tercatat sehingga kemungkinan menyebabkan tidak mudah disetujuinya pengajuan kredit kamu.

Supaya lebih mudah dicerna, sebagai contoh kamu berniat mengajukan kredit pinjaman uang sebesar Rp. 25 juta untuk membuka usaha.

Nantinya uang pinjaman tersebut akan digunakan sebagai kebutuhan modal untuk membuka usaha kelontong di rumah. Lalu bagaimana caranya supaya pengajuan kredit pinjaman usaha tersebut mudah disetujui?

Berikut dibawah ini cara mudah mengajukan kredit pinjaman uang di BRI supaya disetujui diantaranya yaitu:

1. Memenuhi Persyaratan


Meminjam uang di sebuah lembaga keuangan itu membutuhkan persyaratan. Persyaratan tersebut pastinya harus kamu penuhi semuanya.

Melalui dokumen persyaratan tersebut, nantinya pihak Bank bisa melakukan identifikasi awal calon nasabah.

Kamu bisa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan tersebut, terlebih lagi persyaratan tersebut umumnya cukup mudah dan bisa dipenuhi. Biasanya persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan dokumen fotocopy identitas diri seperti KTP dan SIM, fotocopy akta nikah, fotocopy akta keluarga, dan fotokopi buku tabungan. 
  • Menyiapkan syarat yang lainnya seperti daftar gaji, surat rekomendasi dari atasan, ataupun yang lainnya. 
  • Mengisi formulir pengajuan kredit. Saat melakukan pengajuan ke BRIGuna, sudah disiapkannya formulir untuk kamu isi dengan lengkap dan jelas, supaya nantinya memudahkan saat dibaca. 

Kesemua persyaratan diatas mudah untuk dipenuhi kan? Kamu tinggal mencari dokumen yang diperlukan, kemudian pergi ke tempat fotocopy terdekat untuk menyiapkannya.

Setelah itu kumpulkan semua dokumen dalam satu map khusus supaya mudah saat nanti akan mengajukan kredit pinjamannya.

2. Mengajukan Kredit


Setelah itu kamu tinggal mengunjungi langsung kantor cabang BRI terdekat. Lalu sampaikan bahwa kamu ingin mengajukan pinjaman BRIGuna.

Kemudian kamu akan antri sebentar, setelah itu akan diminta untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan tersebut kepada karyawan BRI yang menangani kredit.

Kemungkinan juga kamu akan ditanya tentang beberapa hal seperti misalnya tujuan penggunaan pinjaman KTA tersebut. Silahkan kamu sampaikan dengan jujur tentang niat mengajukan kredit BRIGuna tersebut.

3. Menunggu Persetujuan


Setelah itu kamu tinggal menunggu persetujuan saja. Kemudian pihak Bank akan memproses pengajuan kredit pinjaman kamu tadi.

Yang perlu kamu ketahui adalah pihak Bank sebelum meloloskan aplikasi pinjaman akan melakukan pengecekan berdasarkan 5C yaitu character, capacity, capital, collateral, dan condition.

  • Character artinya karakter calon debitur yang akan ditelisik. Pihak akan mencari tahu, karakter kamu seperti apa. Untuk mengetahui karakter kamu lebih jauh lagi, pihak Bank akan melakukan survey ke tetangga terdekat disekitar rumahmu. 
  • Capacity artinya kemampuan calon peminjam untuk mengembalikan pinjaman uangnya nanti. Hal tersebut dinilai Bank dari asset yang dimiliki calon debitur. Meski pinjaman KTA tidak memerlukan agunan fisik, tetapi akan tetap dilakukannya penilaian terhadap kemampuannya dalam mengembalikan pinjaman uang supaya kredit tersebut nantinya bisa berjalan lancar. 
  • Capital artinya kondisi finansial atau keuangan calon debitur saat ini. Apakah kondisi keuangan calon debitur saat ini dalam keadaan baik atau buruk.
  • Collateral artinya benda yang dijadikan jaminan. Untuk produk BRIGuna kamu tidak perlu memberi jaminan berupa rumah atau BPKB, tetapi sebagai jaminannya kamu bisa memberi SK pegawai. 
  • Condition artinya kondisi ekonomi yang terkait dengan bidang calon peminjam atau debitur. Sebagai contoh kamu berniaga di bidang ritel dan saat ini kondisi ritel sedang bagus. Bank juga akan menilai jika kondisi ekonomi kamu sedang bagus sehingga akan lebih mudah untuk meng-approve permohonan kartu kredit yang diajukan. 

Itulah hal hal yang akan dinilai oleh Bank BRI saat kamu mengajukan kredit pinjaman uang. Jika kelima hal tersebut tidak ada masalah, maka besar kemungkinan akan disetujuinya permohonan pinjaman kredit BRI kamu.

Bagaimana mudah kan cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI? Kamu bisa menerapkan langkah langkah diatas supaya lebih mudah tembusnya proses meminjam uang di Bank BRI.

Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama BRI merupakan bank Negara yang sudah terkenal namanya, bahkan hingga ke daerah pelosok sekalipun.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alas an. Yang perlu kamu ketahui bahwa kantor cabang BRI tidak hanya bisa kamu temukan di perkotaan saja, tetapi kamu juga bisa menemukannya di daerah daerah pelosok.

Hal tersebutlah yang menjadikan nama Bank BRI ini sesuai dengan citranya yaitu Bank yang dibuat untuk rakyat Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu Bank milik pemerintah memang banyak dipilih masyarakat sebagai tempat untuk menyimpan uang.

Bank BRI juga menawarkan berbagai fasilitas menarik seperti tabungan, deposito, hingga pinjaman. Sebagai Bank yang memiliki jutaan ribu nasabah, BRI ingin selalu memberikan pelayanan maksimal dengan menghadirkan beragam jenis pinjaman, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi ekonomimu sekarang ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bali yang Indah dan Eksotik

Berikut dibawah ini adanya informasi tentang jenis pinjaman BRI yang bisa kamu pilih seperti:

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)


Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI menjadi salah satu jenis pinjaman dari BRI yang dihadirkan khusus bagi mereka para pelaku bisnis mikro, kecil, dan menengah.

Tetapi pinjaman KUR ini hanya akan diproses bagi mereka yang sudah memiliki usaha sendiri dan sudah berjalan minimal enam bulan.

2. KUPEDES


Jenis pinjaman yang bersifat umum ini ditujukan untuk individu ataupun pelaku usaha. Selain itu juga jenis pinjaman ini berlaku untuk semua sektor seperti pertanian, perdagangan, industri, jasa, dan lainnya.

3. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)


Bank BRI juga menawarkan fasilitas pinjaman kredit kendaraan bermotor (KKB) bagi nasabah yang ingin memiliki kendaraan baik yang baru atau bekas.

4. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)


Kredit Pemilikan Rumah atau KPR bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah yang ingin memiliki tempat tinggal sendiri.

Tempat tinggal tersebut bisa berupa rumah, apartemen, kondotel, ruko ataupun rukan. Tidak hanya itu saja, KPR BRI juga berlaku untuk membeli hunian baru, bekas, pembangunan, renovasi, dan lainnya.

5. BRIGuna


BRIGuna merupakan salah satu jenis pinjaman BRI yang dulunya bernama KTA atau Kredit tanpa agunan.

Itulah lima jenis pinjaman dari BRI dan cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengajukan pinjaman ke Bank BRI pastinya ada syarat syarat yang wajib dipenuhi.

Di mana syarat syarat tersebut akan disesuaikan dengan jenis pinjaman yang dipilih. Dari kelima jenis pinjaman BRI yang sudah disebutkan diatas, mana yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu?

Baca juga: Deretan Hotel Murah di Bandung

Comments