7 Makanan Khas Garut yang Cocok untuk Jadi Oleh Oleh


Travelyuka.com - Garut adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Jika dalam waktu dekat ini kamu akan berkunjung kesana, kemungkinannya akan berpikir nanti akan membeli apa untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

Makanan khas Garut sepertinya bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang setelah mengunjungi Garut. Lalu makanan khas dari Garut apa saja yang paling cocok dijadikan sebagai oleh oleh?

Berikut dibawah ini 7 makanan khas Garut diantaranya yaitu:

1. Rengginang



Makanan khas dari Garut ini terbuat dari beras ketan yang sudah dikukus, selama proses pengukusan dibumbui lalu dibentuk bulat.

Kemudian untuk proses selanjutnya dijemur selama beberapa hari. Setelah rengginang dijemur dan dipastikan benar benar kering, barulah makanan khas tersebut bisa digoreng.

Makanan dengan teksturnya yang kremes dan garing ini bisa menjadi pelengkap makan siang atau sarapan.

2. Nasi Liwet Instan



Di zaman yang serba instan ini, sekarang nasi liwet saja sudah hadir dalam bentuk instan. Adanya makanan nasi liwet dari Garut ini bisa dijadikan sebagai buah tangan saat berkunjung ke kota Intan.

Nasi liwet instan dari Garut ini bisa dibilang unik karena memiliki berbagai macam rasa. Kamu bisa membelinya di toko toko oleh yang menyediakan nasi liwet instan.

3. Moring Garutan



Moring Garutan ini makanan khas berupa keripik yang terbuat dari cimol. Kata moring ini sendiri berasal dari dua kata yaitu cimol kering.

Cimol terbuat dari bahan tepung kanji yang sudah dibumbui. Setelah itu cimol tersebut diiris tipis tipis lalu digoreng hingga kering. Sekarang ini moring garutan hadir dalam berbagai macam rasa seperti pedas, keju, dan juga BBQ.

4. Chocodot



Chocodot ini makanan khas dari Garut yang dibuat oleh seorang pemuda asal Garut. Makanan coklat yang dikombinasikan dengan berbagai macam bahan olahan local ini menjadi karakter brand Chocodot.

Bahan local yang digunakannya seperti buah, kacang, cabai, dan masih banyak yang lainnya. Jenis produknya juga sudah banyak berkembang, dan makanan khas ini cocok untuk semua kalangan mulai dari anak anak hingga dewasa.

Baca juga: 6 Makanan Khas Jogja Yang Wajib Anda Coba

5. Dodol Piknik



Dodol Piknik yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh ini hadir dalam berbagai macam rasa dan brand yang berbeda beda.

Pastinya kamu akan menemukan makanan khas dari Garut yang satu ini saat mengunjungi setiap toko makanan yang ada di kota tersebut.

Banyak wisatawan yang menyukainya karena rasanya yang manis dan lezat, selain itu juga rasa yang ditawarkannya bervariasi.

6. Burayot



Burayot yang ada di Garut bentuknya itu unik. Makanan khas ini terbuat dari campuran gula merah yang dicampurkan dengan tepung beras dan kacang tanah.

Didalam proses pembuatannya dikombinasikan dengan minyak kelapa, dan untuk bisa menghasilkan satu kue atau burayot tidak memerlukan waktu yang lama.

7. Dorokdok Dan Kerupuk Kulit 



Kamu bisa memilih dorokdok dan kerupuk kulit saat sedang tidak ingin makanan khas dari Garut yang rasanya manis.

Sebenarnya kedua makanan tersebut adalah jenis yang sama tetapi berbeda bahan dasar yang digunakannya.

Dorokdok terbuat dari kulit sapi yang diolah dengan menggunakan rempah rempah dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Sedangkan kerupuk kulit tebuat dari kulit kerbau, dan untuk proses pembuatannya sama dengan pembuatan dorokdok.

Ketujuh makanan khas Garut diatas rasanya enak dan dijamin akan menggugah selera siapa saja untuk mencoba mencicipinya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Hotel Murah di Jogja

Comments