6 Makanan Khas Jogja Yang Wajib Anda Coba


Travelyuka.com - Sebagaimana yang diketahui bahwa Yogjakarta atau yang dikenal dengan julukan kota gudeg ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia.

Sehingga tidak heran kalau banyak para wisatawan yang mengunjunginya, terutama pada saat masa liburan tiba.

Selain itu, Yogjakarta ini merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki keluarga kerajaan.

Dimana keluarga kerajaan Yogyakarta ini dipimpin oleh seorang Sultan yang hingga kini sangat dihormati oleh warga masyarakat setempat.

Bukan hanya itu, kota Jogja juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Nah, dalam kesempatan kali akan membahas tentang 6 makanan khas Jogja yang wajib anda coba sebagai berikut:

1. Oseng – Oseng Mercon



Makanan khas Jogja yang pertama adalah Oseng – Oseng Mercon. Memang namanya sangat ekstrim. Hal ini sesuai dengan citarasa yang dimiliki oleh makanan ini yakni rasa yang sangat pedas sekali.

Jadi, bagi anda yang menyukai makanan pedas, Oseng – Oseng Mercon ini patut anda coba saat anda berkunjung ke Kota Jogja.

2. Cilok Gajahan



Memang sebenarnya cilok ini merupakan salah satu jenis makanan khas Jawa Barat. Namun, di Jogja juga ada cilok yang dijual disana  dan sangat terkenal sehingga menjadi makanan khas Jogja, yakni Cilok Gajahan.

Seperti yang diketahui bahwa cilok ini terbuat dari tepung tapioka berbentuk bulat, lalu biasanya terdapat daging cincang sebagai isinya sehingga membuat tersa kenyal-kenyal gurih.

Di Jogja sendiri banyak yang menjual cilok ini, sehingga anda akan dengan mudah menemukan penjual Cilok Gajahan ini.

3. Cenil Jogja



Makanan khas Jogja selanjutnya adalah Cenil Jogja. Memang Cenil ini merupakan salah satu makanan khas Pulau Jawa, sehingga di beberapa daerah di Pulau Jawa memiliki olahan khas tepung ini, termasuk di Jogja.

Namun, pastinya Cenil yang ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur berbeda, baik itu dari jenis bumbu maupun rasa serta teksturnya.

Maka dari itu, anda bisa mencicipinya untuk membandingkan rasanya. Begitupun saat berkunjung ke Jogja, anda bisa mencobanya sendiri Cenil Khas Jogja.

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Jakarta Ini Bakalan Bikin Liburanmu Menyenangkan Lho!

4. Geplak



Perlu diketahui bahwa kue Geplak ini merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Yogyakarta.

Dimana, kue ini terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian diolah sehingga menghasilkan makanan dengan rasa manis dan lezat.

Selain itu, Kue Geplak ini memiliki bentuk yang khas yakni bulat-bulat kecil serta tampilan yang berwarna-warni sehingga lebih menarik dan membuat orang penasaran serta tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini.

5. Mie Lethek



Mie Letek ini mirip dengan Bakmi Jawa. Dimana, makanan khas Jogja ini terbuat dari bahan dasat bihun yang berwarna kecokelatan sehingga terlihat kotor.

Hal inilah mengapa disebut dengan nama Mie Lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela.

Sehingga tidak aneh kalau Mie Lethek ini termasuk makanan sehat dibandingkan dengan jenis bakmi lainnya.

6.Ayam Geprek



Pastinya anda sangat familiar dengan Ayam Geprek ini? Sebenarnya Ayam Geprek ini berasal dari Yogyakarta, namun makanan ini juga sudah mulai merambat ke seluruh pelosok Indonesia sehingga anda bisa menemukan Ayam Geprek di dengan mudah walaupun di luar Yogyakarta karena memang banyak orang yang menjualnya.

Ayam Geprek ini merupakan ayam goreg yang digeprek dengan serta diberi cabe sesuai selera. Pokoknya Ayam Geprek ini dijamin akan membuat lidah anda bergoyang.

Jadi penasaran? Nah, supaya tidak penasaran anda bisa langsung coba mencicipi 6 makanan khas Jogjakarta di atas saat anda berkunjung ke kota gudeg tersebut.

Comments