Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Jam Tangan

jam tangan anak

Memang kalau bicara soal fashion tidak akan ada habisnya, karena setiap masanya fashion ini selalu berubah dan berkembang dengan pesat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa fashion ini meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan penampilan seseorang. Baik itu berupa busana, aksesoris, dan lain sebagainya. 

Salah satu contoh fashion yang berupa aksesoris adalah jam tangan. Dewasa ini jam tangan bukan hanya sekedar sebagai alat untuk mengetahui waktu saja, namun juga sebagai penunjang penampilan seseorang. 

Untuk itu, bagi anda yang akan memilih jam tangan sebagai aksesorisnya, berikut hal-hal yang harus diperhatikan pada saat akan membeli jam tangan :

1. Jenis Kaca

Salah satu komponen yang harus diperhatikan saat akan membeli jam tangan yaitu jenis kaca, hal ini merupakan salah satu komponen bagian jam tangan penting yang paling sering terbentur saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. 

Saat ini, ada 2 jenis kaca yang paling sering digunakan oleh para produk jam tangan mereka yaitu mineral glass dan sapphire crystal replica. Selain itu juga, masing-masing jenis kaca tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

Jenis sapphire crystal merupakan jenis kaca yang tidak mudah tergores dan lebih awet, sehingga permukaan kaca pada jam tangan selalu terlihat rapi dan baru apabila dibandingkan dengan mineral glass yang sangat mudah tergores. 

Tetapi mineral glass sendiri tidak mudah pecah apabila terbentur dengan benda yang keras, berbeda dengan sapphire crystal yang lebih mudah pecah apabila terbentur. 

2. Bahan Jam Tangan

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat akan membeli jam tangan adalah bahan jam tangan yang dibuat, bahan yang paling sering digunakan saat ini untuk membuat jam tangan adalah bahan yang terbuat dari metal atau logam seperti stainless steel. 

Sehingga hal ini patut untuk diperhatikan, karena jam tangan yang baik semestinya sudah memiliki bahan dasar berupa campuran logam yang kokoh dan kuat. Selain itu, pastikan juga bahwa jenis logam atau besi yang digunakan bukanlah besi hollow atau campuran melainkan basi yang padat. 

Salah satu indikator yang paling mudah digunakan adalah dengan menimbang berat dari bracelet, atau watch casenya sendiri. Yang dimana jenis besi yang padat, tentunya lebih berat apabila dibandingkan dengan besi yang terbuat dari campuran logam.  

3. Brand

Pastikan jam tangan yang ingin anda beli memiliki brand atau manufaktur yang jelas, sebagai contohnya beberapa brand yang sudah sangat laku dipasaranan seperti TISSOT yang berasal dari Swiss dan sebagainya. 

Hal ini dikarenakan masih banyak jam tangan yang mungkin memiliki desain yang bagus,  yang sering kali terlihat fashionable dengan harga yang miring tetapi tidak memiliki sisi fungsional yang baik. 

Oleh karena itu, pastikan semua fitur dan komponen utama yang dimiliki jam tangan itu berfungsi dengan baik seperti fitur tanggal, fitur chronograph, komponen crown, pemutar mesin dan sebagainya. 

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli jam tangan. 

Comments