Yuk, Liburan ke Madura


Pulau yang letaknya berada di ujung Jawa Timur ini ternyata bukan hanya terkenal dengan satenya, tapi juga merupakan daerah penghasil garam terbesar di Indonesia, bahkan produknya telah dijual hingga ke mancanegara. Madura yang dikenal sebagai pulau yang gersang, ternyata juga memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jika kamu menjadikan Madura sebagai salah satu tujuan wisatamu, berikut adalah beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi:

  • Jembatan Suramadu 

 Siapa yang tidak kenal dengan ikon baru Madura ini? Jembatan yang dibangun pada tahun 2003 ini, merupakan jembatan nasional yang menghubungkan pulau Jawa (Surabaya) dengan pulau Madura. Meskipun lokasi wisata ini hanya berupa jembatan gantung, tapi ternyata banyak orang yang mengunjungi jembatan ini hanya untuk berfoto dan menikmati damainya desiran ombak sepanjang perjalanan di atas jembatan.  

Bukan hanya kenikamatan suara desiran ombak laut saja, ternyata juga beredar sebuah cerita unik dari jembatan ini, sebuah sumber mengatakan bahwa orang-orang yang telah membangun jembatan ini adalah orang Korea Selatan yang merupakan narapidana. Mereka adalah narapidana pilihan yang telah menjalani masa tahanan selama 10 tahun. Mereka dijanjikan oleh pemerintah Korea Selatan akan diberi kebebasanjika jembatan ini telah selesai dibangun.
 
  • Air Terjun Kokop

Terletak di Desa Durjan, Kokop, Bangkalan, Madura, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 10 meter. Keasrian dan keindahan pemandangan alam yang masih sangat alami di air terjun ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Rute menuju lokasi wisata ini cukup sulit, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 70 km atau 2,5 jam dari pusat kota Bangkalan. Untuk menemkan air terjun yang indah ini, kamu bisa melewati jalur Bangkalan menuju kecamatan Blega atau lewat jalur Bangkalan menuju Tanjung Bumi. Namun ada baiknya jika kamu sering bertanya pada masyarakat setempat karena untuk menuju lokasi air terjun ini kamu harus  melewati banyak persimpangan. 

  • Pantai Lombang



Pantai yang indah ini terkenal dengan hutan cemara udangnya yang dipercaya hanya terdapat di pantai ini dan pantai sekitar Tiongkok. Menurut cerita, pohon cemara udang di daerah ini dibawa oleh pasukan kekaisaran Tiongkok yang terkena musibah saat berlayar di perairan Indonesia hingga terdampar di daerah pantai Sumenep. 

Pantai Lombang terletak di sebelah timur Sumenep, jaraknya sekitar 25 km dari kota Sumenep. Kamu bisa menikmati suara deburan ombak dan keindahan pasir putih di sepanjang pantai. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi sehingga kamu bisa berenang di sepanjang pantai.
 
  • Bukit Jaddih
  

 
Madura memang dipenuhi dengan wisata yang eksotis, salah satunya adalah Bukit Jaddih. Bukit Jaddih merupakan hamparan bukit-bukit kapur yang selalu sukses membuat semua orang takjub melihatnya. Tujuan wisata ini terletak di Desa Jaddih, Bangkalan, Madura. 

Pemandangan berupa bongkahan kapur putih yang berukuran raksasa menjadi objek yang paling menarik. Kamu juga bisa naik ke atas Bukit Jaddih dan melihat pulau Madura secara keseluruhan dari atas bukit, tapi jangan lupa untuk waspada selama menjelajahi bukit ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Madura yang menarik untuk kamu kunjungi. Untuk kamu yang berada di luar Madura, kamu bisa beli tiket perjalanan ke Madura sekarang juga di berbagai penyedia jasa.


 
 

Comments