Mengenal Pantai-Pantai di Cilacap

Cilacap yang belum populer seperti kota-kota lainnya, rupanya memiliki potensi loh. Terutama memiliki pantai-pantai yang layak untuk didatangi. Mengunjungi Cilacap pun bisa dijangkau memakai kereta ekonomi saja untuk turun di stasiun Kroya maupun Maos.
  • Pantai Teluk Penyu
 
 
Meskipun tidak terlihat adanya penyu di sana, tapi pantai ini cukup nikmat untuk duduk sekeadar menikmati hembusan angin laut dengan pemandangan mempesona. Hal itu  karena air lautnya masih bagus bewarna hijau toska di bawah cakrawala biru. Dihiasi juga dengan aktivitas nelayan dengan perahunya yang bewarna-warni akan membuat pengunjung semakin antusias. Tapi yang menonjol di Pantai Telu Penyu adalah juluran jembatan beton panjang berlubang kotak di sisi tengahnya. Perlu hati-hati berjalan ke sana karena takut jatuh ke lautan. Kendati demikian, ujung jembatan ini akan membaut pengunjung sibuk dengan foto-foto berlatar lautan hijau tosca yang terbentang sangat luas.  

  • Pantai Widara Payung
 
 
Selain katanya berbau mistis, pantai ini sempat mencuat namanya karena ada beberapa gejala tsunami di pesisirnya. Hal itu wajar karena arus dan gelombang ombak di pantai ini sangat kuat. Maka dari itu Pantai Widara Payung berpotensi menjadi tempat menantang bagi para peselancar.

Sisi lain keindahan dari pantai yang luas ini karena jejarang pohon di belakang pantai. Hal itu membuat menikmati matahari terbenam di sana begitu indah sambil duduk di gazeboo kecil. Bersosialisasi di sana pun cukup mudah karena dikelilingi empat pedesaan. Pasir putih dan halus Pantai Widara Payung menjadi rumah bagi kepiting kecil, bintang laut dan kerang-kerang.
  • Pantai Ketapang Indah
 

 


Jika ingin melihat langsung Samudera Indonesia, mendatangi Pantai Ketapang Indah bisa menjadi alternatif lain. Hal menarik di pantai ini adalah kebun kelapa yang melimpah milik warga sekitar. Hal itu membuat pengunjung bisa menikmati air kelapa yang segar sambil menikmati pemandangan menuju Samudera Indonesia.

Kebun kelapa itu pun dijadikan mata pencaharian untuk dijadikan bahan membuat gula. Selain kebun kelapa, mata pencaharian warga sekitar juga menjual kios-kios cindera mata yang tertata dengan rapi. Panorama pantai juga dilengkapi dengan arus ombak besar sehingga cocok untuk berselancar. 

  • Pantai Karang Pakis

Bila ingin lebih ramai, Pantai Singkil Karang Pakis adalah tempat wisata pesisir yang tepat saat hari biasa maupun liburan. Pesona keindahannya sangat menarik sehingga paling wajib dikunjungi jika sedang berada di Cilacap. Pantainya terlihat cemerlang karena pasir putih dan air laut yang biru kemudaan.

Pesisir itu dibekengi oleh rindangnya pohon sehingga bisa berteduh di sana sambil menikmati pantai. Di sana juga terdapat tempat pembuatan gula kelapa sehingga pengunjung bisa melihat langsung prosesnya. Di sekitaran sana juga terdapat beberapa batu karang yang sehingga membuat deburan ombak terlihat lebih indah. 

  • Pantai Karang Pandan
 

Jika berbicara tentang Cilacap, pasti sedikit terlintas tentang Nusakambangan yang merupakan penjara besar di Indonesia. Terdengar angker karena menjadi eksekusi mati para napi. Kendati demikian, di sekitaran sana terdapat Pantai Karan Pandan yang terkenal di masyarakat sana.

Pantai Karang Pandan ditandai dengean benteng bernama Karang Bolong. Benteng itu terlihat mistis karena bangunanya cukup tua seperti tidak terurus. Namun tidak jauh dari sana terdapat keindahan yang disajikan Pantai Karang Pandan dengan pasir putih, suasana asri, sejuk dan tenang. Suasana itu bisa didapatkan karena pengunjung tidak terlalu banyak meskupun lokasi itu cukup terkenal.

Itu adalah beberapa pantai yang berada di Cilacap, semoga bisa menambah pengetahuan kamu mengenai wisata di Cilacap maupun menjadi salah satu tempat yang ingin kamu kunjungi.

Comments