Tips Untuk Seorang Backpacker Jalan-Jalan Ke Jogja dengan Kereta Api


Jogja sudah sangat terkenal akan lokasi wisata dengan harga promo bahkan ramah dikantong para backpacker. Berbagai macam jenis destinasi wisata, dari mulai wisata kuliner, pantai dan yang lainnya. Hampir setiap waktu backpacker dari seluruh penjuru kota di Indonesia atau dari luar negeri datang ke Jogja guna menjelajahi wisata kotanya. 

Sementara itu, kereta api menjadi salah satu transportasi favorit dengan harga murah dan terjangkau para backpacker luar kota di pulau jawa. Apakah kamu juga ingin melakukan perjalanan ala backpacker dengan kereta api agar murah? Berikut ini ada tips yang bisa memudahkan perjalananmu dan tips membelit tiket kereta api secara online.

1.            Sebaiknya rencanakan perjalanan dengan baik

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah merencanakan perjalanan dengan matang. Mau kemana, kapan dan dengan siapa. Kamu harus membuat perencanaan jauh sebelum hari H, karena ini akan sangat berpengaruh pada harga tiket yang kamu peroleh. 

Ya, kalau kamu cek jadwal dan booking tiket online kereta H-90 biasanya akan ada potongan harga tertentu dan kamu bisa mendapatkan posisi tempat duduk di kereta sesuai dengan yang diinginkan.  Kalau pesan tiket mepet waktu hari keberangkatan, harga biasanya akan sedikit tinggi.

2.            Pilih kereta yang tepat

Proses pemilihan kereta yang akan kamu tumpangi memang harus sedikit memakan waktu. Kamu sebaiknya bisa mencari informasi mengenai jadwal keberangkatan kereta serta ketersediaan tiketnya. Karena memang tiket biasanya terbatas, sehingga sebelumnya juga sudah sangat disarankan untuk pesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan.

Kalau kamu seorang backpacker sih, pilih kelas ekonomi juga tidak masalah. Tenang saja, kenyamanan nya juga masih bisa kamu rasakan. Karena kereta saat ini berbeda dengan kereta zaman dulu yang harus berdesak-desakan, sekarang kamu bisa duduk nyaman tanpa harus melihat orang berdiri dan duduk dipojokan.

3.            Cari penginapan dekat stasiun

Penginapan adalah akomodasi yang sangat perlu kamu pertimbangkan. Sebaiknya, cari penginapan yang lokasinya dekat dengan stasiun sangatlah dianjurkan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan tersendiri, yaitu mendapatkan harga penginapan yang tidak terlalu mahal alias murah namun tidak murahan.

4.            Siapkan barang bawaan

Kamu sangat perlu menyiapkan barang bawaan, ingat bawa yang dibutuhkan saja ya. Jangan terlalu lebay alias sampai yang tidak penting pun kamu bawa, ini akan sangat merepotkan sekali. 

Kalau mau menjadi seorang backpacker sebenarnya kamu cukup membawa barang yang muat di tasmu saja. Yang terpenting jangan lupa membawa KTP karena akan digunakan saat masuk ke dalam kereta apinya.

5.            Datang ke stasiun lebih awal

Sekarang ini hampir seluruh stasiun yang ada di Pulau Jawa sudah mengandalkan sistem boarding pass, dan biasanya kita harus mencetaknya minimal 10 menit sebelum kamu berangkat. Itulah kamu disarankan untuk datang lebih awal.

Rekomendasi tempat pembelian tiket kereta api agar mendapatkan diskon khusus adalah melalui OTA atau online travel agent.

Comments