Perlengkapan Touring yang Harus Kamu Persiapkan, Apa Ajah Sih?


Saat ini, touring sudah menjadi gaya hidup baru di kalangan masyarakat perkotaan. Aktifitas ini biasanya dilakukan oleh berbagai kelompok pecinta motor yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu, untuk para pemudik dari kota besar seperti Jakarta pada saat liburan Hari Rayal Islam juga melakukan perjalanan touring yang melelahkan.

Tak hanya keadaan fisik pengguna dan motor yang perlu dipersiapkan secara matang. Perlengkapan pendukung lain yang menunjang saat perjalanan juga wajib difikirkan. Apalagi kalau menyangkut soal kenyamanan dan keamanan saat berkandara loh guys! Untuk itu kami memberikan beberapa perlengkapan yang harus Anda sediakan ketika melakukan touring ke luar kota.

1. Sepatu Boot Touring

Sepatu Boot Touring menjadi salah satu safety riding bila Anda ingin melakukan kegiatan touring. Dengan bahan yang elastis, sepatu ini sangat nyaman ketika digunakan dalam perjalaanan jauh. Sepatu ini juga tahan air, sehingga memungkinkan bikers untuk tetap berkendara meski dalam keadaan hujan.

2. Decker

Decker atau yang biasa disebut Knee and Elbow Protector ini memliki fungsi yang penting saat berkendara jauh. Kemungkinan kecelakaan yang tinggi menuntut pengendara untuk memasangi tubuhnya dengan pengaman seperti decker. Selain memiliki fungsi melindungi bagian lutut hingga tulang kering, saat ini juga muncul bentuk decker full body yang memungkinkan tubuh pengendara terlindungi dengan aman.

3. Sarung Tangan

Selain digunakan untuk melindungi kulit bagian tangan dari sinar matahari, sarung tangan juga berfungsi sebagai proteksi perlindungan kulit saat terjadi gesekan konstan stang motor. Pilihlah sarung tangan yang memiliki grip dengan bahan karet. Agar saat mencengkram setang control sepeda dapat terjaga dengan baik.

4. Pelindung Kepala

Tak hanya digunakan sebagai aksesoris, pelindung kepala juga memiliki banyak manfaat ketika melakukan touring. Bila anda memakai helm yang tak full face, peralatan ini berfungsi agar wajah terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu juga dapat mencegah keringat masuk ke dalam helm.

5. Kacamata Motor

Kacamata Motor (Safety) ini merupakan alat yang melindungi/menutupi area di sekitar mata. Berbeda dengan kacamata pada umumnya, bahan yang digunakan pada kacamata motor ini desainnya lebih besar serta mempunyai ketahanan yang tinggi dari benturan. Alat ini berfungsi untuk menjaga mata dari debu, partikel, dan sinar matahari.

6. Jas Hujan dan Ponco

Bila berkendara jauh, jangan lupa menyiapkan jas hujan dan ponco. Perlengkapan ini dapat melindungi kita saat hujan turun.Pilihlah bahan yang elastis dan kuat dalam memilih jas hujan dan ponco.

7. Jaket Otomotif

Dalam berkendara, penggunaan jaket menjadi salah satu poin safety. Selain berfungsi sebagai penghangat tubuh, jaket otomotif juga dapat dijadikan alat proteksi bila terjadi kecelakaan.

8. Helm

Helm merupakan sebuah perlengkapan berkendara yang paling penting. Selain melindungi bagian kepala bila terjadi benturan, helm juga dapat mencegah masuknya angin, debu, hingga kotoran yang masuk ke wajah. Bila Anda ingin melakukan toruing, sebaiknya pilih helm yang full face untuk meningkatkan safetu rider anda.

Comments